Update Siklon Tropis Nyatoh, Akan Bergerak ke Utara dan Masih Berdampak ke Indonesia

Kompas.com - 02/12/2021, 12:50 WIB
Prakiraan streamline Siklon tropis Nyatoh pada 1 Desember 2021 KOMPAS.COM/Tangkapan LayarPrakiraan streamline Siklon tropis Nyatoh pada 1 Desember 2021


KOMPAS.com - Berdasarkan update terbaru, siklon tropis Nyatoh yang telah terbentuk dua hari lalu terus bergerak ke arah Utara menjauhi wilayah Indonesia, tetapi masih berdampak terhadap cuaca di Tanah Air.

Analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada pukul 07.00 WIB, Kamis (2/12/2021), menyampaikan update perkembangan siklon tropis Nyatoh yang saat ini berada di Laut Filipina sebelah Utara Papua, 16.5 LU - 135.5 BT, atau di sekitar 1830 km sebelah timur laut Tahuna.

Di mana sebelumnya, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan pada 30 November 2021, siklon tropis Nyatoh berada di sekitar Samudra Pasifik Barat sebelah utara Papua, tepatnya di posisi 13.0 derajat LU, 139.8 derajat BT, di sekitar 1630 km sebelah utara timur laut Biak.

Ini artinya, arah gerak siklon tropis Nyatoh semakin berjalan ke arah utara.

Sementara, kecepatan arah geraknya diketahui sekitar 6 knots atau 11 km per jam bergerak menjauhi wilayah Indonesia, dengan tekanan udara 970 hPa dan kekuatan 70 knots (130 km/jam).

"Diperkirakan intensitas siklon tropis Nyatoh menguat dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah utara," kata Hasmorini Sulistami selaku Prakirawan cuaca BMKG, Kamis (2/12/2021).

 Baca juga: Update Siklon Tropis Nyatoh, Bibit Siklon Tropis 94W dan 92S Beserta Dampaknya

 

Sehingga, menurut update BMKG, dalam 24 jam ke depan diprediksikan siklon tropis Nyatoh yang satu ini akan berada di posisi Samudra Pasifik sebelah Utara Papua.

Lokasi tepatnya yakni di perairan Indonesia pada koordinat 20.8 LU, 138.3 BT atau di sekitar 2390 km sebelah timur laut Tahuna.

Adapun arah geraknya masih menuju ke utara dengan kecepatan angin 8 knots atau 15 km per jam bergerak menjauhi wilayah Indonesia.

Sedangkan tekanan udara siklon tropis ini adalah 965 hPa dan kekuatannya mencapai 75 knots atau 140 km per jam.

Dampak siklon tropis Nyatoh pada cuaca Indonesia

Dengan adanya kondisi dan prediksi inilah, Hasmorini menyebutkan bahwa siklon tropis Nyatoh jelas akan memberikan dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia dalam 24 jam ke depan.

 Baca juga: Waspada Dampak Bibit Siklon Tropis 94W, dari Cuaca Ekstrem hingga Wilayah Berisiko Banjir

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.