Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Siklon Tropis Nyatoh, Bibit Siklon Tropis 94W dan 92S Beserta Dampaknya

Kompas.com - 30/11/2021, 17:40 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali meng-update adanya pertumbuhan tiga siklon tropis yang terdeteksi di dekat wilayah Indonesia. Ketiganya, yakni siklon tropis Nyatoh, bibit siklon tropis 94W dan bibit siklon tropis 92S.

Siklon tropis yang terdeteksi tersebut memiliki dampak secara tidak langsung terhadap kondisi cuaca ekstrem di Tanah Air.

BMKG melalui Jakarta Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) memantau pertumbuhan siklon tropis Nyatoh di Belahan Bumi Utara (BBU) dan dua bibit siklon tropis lainnya yang terbentuk dekat ke sekitar wilayah Indonesia di utara dan selatan.

Kedua bibit siklon tropis lainnya yang terpantau adalah 94W dan 92S. Berikut update perkembangannya saat ini.

1. Siklon tropis Nyatoh

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengatakan, update siklon tropis Nyatoh terbentuk di sekitar Samudra Pasifik Barat sebelah utara Papua, tepatnya di posisi 13.0 derajat LU, 139.8 derajat BT di sekitar 1630 km sebelah utara timur laut Biak.

Baca juga: Waspada Dampak Bibit Siklon Tropis 94W, dari Cuaca Ekstrem hingga Wilayah Berisiko Banjir

 

Badai tropis atau siklon tropis Nyatoh terbentuk pada 30 November 2021 jam 07.00 WIB, angin maksimum di sekitar sistemnya mencapai 35 knot atau sekitar 65 km/jam, dengan tekanan udara minimum di sekitar pusatnya mencapai 1000 hPa dengan pergerakan sistemnya ke arah barat-barat laut menjauhi wilayah Indonesia.

"Dalam 48 jam kedepan Badai Tropis Nyatoh masih konsisten meningkat perkembangannya dengan pergerakan semakin menjauhi wilayah Indonesia," ujarnya.

Tidak hanya siklon tropis Nyatoh, BMKG juga mendeteksi adanya dua bibit siklon tropis yang juga tumbuh dan akan berpengaruh tidak langsung terhadap kondisi cuaca di Indonesia.

2. Bibit siklon tropis 94W

Seperti yang disampaikan pada update BMKG kemarin malam, terpantau juga bibit siklon tropis 94W yang diidentifikasi sejak tanggal 29 November 2021 saat ini sudah berada di sekitar Teluk Thailand, tepatnya berada di 9.3 derajat LU, 101.0 derajat BT.

Berdasarkan analisis tanggal 30 November 2021, angin maksimum di sekitar bibit siklon tropis 94W mencapai 20 knot (37 km/jam) dengan tekanan udara minimum di sekitar pusatnya mencapai 1005 hPa.

Baca juga: BMKG: Bibit Siklon Tropis 94W di Perairan Kamboja Pengaruhi Cuaca Indonesia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com