Kompas.com - 03/05/2024, 14:00 WIB
Annisa Fakhira Mulya Wahyudi,
Resa Eka Ayu Sartika

Sumber NOAA,Zookeys

KOMPAS.com - Semakin dekat ke dasar lautan, lautan menjadi semakin gelap, padat, dan asing.

Semua cahaya dari permukaan telah diserap, dan hanya spesies yang paling beradaptasi yang dapat mengatasi kekurangan oksigen di dalam air.

Baca juga: Ekspedisi Laut Dalam Temukan 100 Spesies Baru, Seperti Apa?

Salah satu makhluk ini menghabiskan hidupnya di dalam cangkang dan ditemukan sebagai spesies baru.

Penemuan spesies baru laut dalam

Anggota tim peneliti dari China sedang menjelajahi Haima Cold Seep, lingkungan laut dalam di lepas pantai Pulau Hainan di ujung selatan China.

Dari penjelajahan tersebut robot bawah air yang digunakan menemukan cangkang “kuat” di dasar laut, menurut laporan tanggal 24 April 2024 studi yang dipublikasikan di jurnal ZooKeys.

Para peneliti mengenali hewan bercangkang itu sebagai Solemyidae, “kelompok bivalvia protobranch purba yang biasanya menghuni lingkungan yang tidak biasa,” menurut penelitian tersebut.

Wilayah ini termasuk rembesan dingin, lokasi di dasar laut tempat metana dan hidrogen sulfida merembes dari kerak bumi dan masuk ke laut, sehingga menciptakan air yang kaya akan bahan kimia, menurut National Oceanic and Atmospheric Administration.

Robot laut dalam tersebut membawa cangkang tersebut dari kedalaman 4.500 kaki dan ke permukaan agar dapat diperiksa lebih lanjut, menurut penelitian tersebut.

Identifikasi temuan spesies baru laut dalam

Dengan panjang lebih dari 4 inci, cangkang kerang ini “memanjang, berbentuk persegi panjang” dan “kuat,” kata para peneliti. Kedua sisi cangkangnya juga berukuran sama.