Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi: Menulis dengan Tangan Lebih Bermanfaat untuk Belajar

Kompas.com - 16/05/2024, 17:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Kapan terakhir kali Ands menulis dengan tangan? Bagi sebagian besar dari kita, menulis dengan tangan mungkin sudah menjadi praktik yang jarang dilakukan atau bahkan ditinggalkan.

Meski demikian, penelitian baru kini telah mengeksplorasi manfaat kognitif dari aktivitas menulis dengan tangan.

Manfaat menulis dengan tangan bagi proses belajar

Studi terhadap perkembangan anak-anak prasekolah menunjukkan bahwa mereka yang mempelajari ABC melalui gerakan, seperti menulis, memiliki pengenalan dan pemahaman yang lebih baik dan bertahan lama dibandingkan anak yang mempelajari ABC dengan mengetik.

Tindakan melakukan gerakan-gerakan yang terlibat dalam tulisan tangan juga dianggap memungkinkan penghafalan kata-kata baru yang lebih baik.

Pada orang dewasa, kebiasaan mencatat dengan ponsel atau laptop sudah menjadi hal yang lumrah, namun tampaknya kurang efektif dibandingkan dengan melakukannya dengan tangan.

Baca juga: Apakah Manfaat Menulis Jurnal?

Sebuah penelitian pada tahun 2014 menemukan, mahasiswa yang mengandalkan pengetikan untuk membuat catatan perkuliahan memiliki kinerja yang lebih buruk dalam pertanyaan konseptual dibandingkan mahasiswa yang mencatat dengan tangan.

Lantas, mengapa tulisan tangan lebih baik untuk belajar? Jawabannya mungkin berkaitan dengan kompleksitas relatif dari tindakan tersebut, jika dibandingkan dengan mengetik.

Menulis membutuhkan lebih banyak gerakan, lebih banyak keterampilan dan koordinasi, serta perhatian visual yang lebih besar, sehingga mendorong berbagai bagian otak untuk bekerja sama.

Kemudian, ada sistem visual. Mata harus menyerap informasi dan menyampaikannya ke otak, sehingga otak dapat memeriksa apakah coretan di kertas cocok dengan dari naskah yang ingin dibuat. Jika ada kesalahan, otak akan mendapat kiriman pesan untuk mengubah gerakan tangan dan memperbaiki tulisannya.

Cukup sulit untuk menjelaskan hal ini, namun otak melakukan semuanya setiap kali kita menulis dengan tangan.

Meski demikian, hanya karena tulisan tangan lebih berguna untuk mengingat dan memproses informasi, tidak berarti kita perlu membuang perangkat digital kita. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menggunakan "pena" di layar juga bisa bermanfaat karena yang penting adalah gerakan menulis, bukan medianya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com