Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/05/2024, 21:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Discovery

KOMPAS.com - Di Middle Island, lepas pantai selatan Australia Barat terdapat Danau Hillier, salah satu danau merah muda paling terkenal di Australia.

Pada tahun 2015, tim peneliti dari Extreme Microbiome Project (XMP) memutuskan untuk melakukan penyelidikan di balik warna merah muda danau tersebut.

Dulu, para ahli berspekulasi bahwa warna tersebut mungkin disebabkan oleh kandungan garamnya yang tinggi atau karena mikroalga. Lantas, darimana sebenarnya asal warna merah muda tersebut?

Mengapa danau pink berwarna pink?

Ilmuwan Konservasi Taman Victoria, Australia, Dr. Mark Norman mengatakan, danau-danau pink di Australia adalah danau yang sangat asin. Ini menjadikannya habitat sempurna bagi alga bersel tunggal yang hidup hanya dalam kondisi yang sangat asin.

Ketika cuaca dan kondisi air tepat, alga menghasilkan kartenoid berwarna merah muda atau merah, sehingga memberi warna merah muda pada danau.

Baca juga: Tiga Danau Berbeda Warna di Etiopia Berasal dari Satu Sumber yang Sama

Ganggang bersel tunggal ini, Dunaliela salina, termasuk dalam kelompok yang dikenal sebagai 'ekstrimofil'.

Ekstremofil adalah kelompok organisme yang hanya bertahan hidup dalam keadaan ekstrem, seperti suhu mendidih atau beku, jauh di bawah tanah atau di bawah air, atau di lingkungan yang sangat asin, asam, dan radioaktif.

Meskipun bakteri menjadi penyebab warna susu stroberi, Danau Hillier aman untuk berenang. Faktanya, kandungan garam yang tinggi di danau tersebut kemungkinan besar membuat airnya begitu padat sehingga kita akan mudah terapung, seperti yang di Laut Mati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com