Kompas.com - 23/12/2023, 09:33 WIB
Usi Sulastri,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Metana merupakan gas rumah kaca antropogenik kedua terbanyak setelah karbon dioksida.

Kekuatan metana dalam memerangkap panas di atmosfer adalah 28 kali lipat dibandingkan dengan karbon dioksida, dikutip dari U.S. Environmental Protection Agency, Jumat (15/12/2023).

Baca juga: Metana, Si Gas Rumah Kaca yang Ternyata Bisa Jadi Energi Terbarukan

Selain itu, karena sifatnya sebagai gas rumah kaca keberadaan metana dalam atmosfer memiliki dampak signifikan terhadap suhu dan sistem iklim global.

Sebagian besar metana dihasilkan di lapisan sedimen danau ketika terjadi kekurangan oksigen, akibat pertumbuhan berbagai komunitas bakteri dalam lingkungan tanpa oksigen.

Dilansir dari Lake Scientist, Jumat (15/12/2023), produksi metana dari danau ternyata lebih tinggi dibandingkan dengan lautan.

Dengan begitu, berapa metana yang dihasilkan dari danau?

Metana dari danau ternyata lebih kecil dari perkiraan

Studi terbaru dari Brown University menyatakan bahwa para peneliti telah mengeluarkan perkiraan baru dan menemukan bahwa danau-danau yang belum dipetakan tidak sebesar yang diperkirakan sebelumnya sebagai penghasil metana.

Dilansir dari phys.org, Jumat (15/12/2023), berdasarkan penelitian ini, alih-alih menyumbang sekitar 40 persen dari emisi metana di wilayah tersebut, danau-danau kecil ini ternyata hanya menyumbang sekitar 3 persen.

Dengan menggunakan citra satelit dan udara resolusi tinggi dari NASA, dua peneliti menemukan bahwa danau-danau tersebut ternyata menghasilkan metana tidak sebesar yang diperkirakan sebelumnya.

Temuan terbaru yang dipublikasikan di Geophysical Research Letters melawan hampir 15 tahun penelitian menggunakan data lama yang memiliki resolusi rendah.