Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Menurunkan Berat Badan dengan Cepat Menurut Sains

Kompas.com - 21/04/2024, 18:02 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Fokus pada kesehatan jangka panjang dan kebiasaan yang sehat dari akan membantu meningkatkan kesehatan sekaligus menghasilkan penurunan berat badan yang bertahan lama.

Berikut adalah beberapa tip yang terbukti menurut sains untuk membantu menurunkan berat badan.

1. Makan protein, lemak, dan sayur-sayuran

Untuk menyeimbangkan piring makan, kita harus mengonsumsi cukup protein, lemak, sayuran, dan karbohidrat kompleks.

  • Protein

Mengonsumsi protein dalam jumlah yang disarankan sangat penting untuk membantu menjaga massa otot sekaligus menurunkan berat badan. Pola makan dengan protein yang cukup juga bisa mengurangi keinginan ngemil dengan membantu tubuh merasa lebih kenyang.

  • Sayuran

Semua sayuran bisa menjadi tambahan yang kaya nutrisi untuk diet. Sebaiknya, konsumsi 2,5 cangkir sayuran setiap hari untuk pola makan yang seimbang.

Baca juga: Studi: Diet Keto dapat Kurangi Risiko Alzheimer

Sebagai catatan, sayuran tertentu, seperti kentang, ubi jalar, dan jagung, dianggap sebagai karbohidrat atau biji-bijian karena mengandung karbohidrat dan kalori yang lebih tinggi.

  • Lemak sehat

Lemak sehat seperti minyak zaitun, alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian adalah pilihan bagus untuk pola makan yang sehat.

Meskipun beberapa minyak, seperti minyak zaitun, dianggap menyehatkan, minyak tersebut juga menyediakan 9 kalori per gram, dibandingkan dengan protein dan karbohidrat, yang hanya menyediakan 4 kalori per gram.

Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi lemak sehat dalam jumlah sedang dan membatasi lemak jenuh serta lemak trans jenuh.

3. Beraktivitas fisik

Ahli merekomendasikan untuk menggabungkan latihan kardio dengan latihan beban untuk mendapatkan kesehatan yang optimal.

Latihan kardio mencakup olahraga seperti berjalan kaki, jogging, berlari, bersepeda, atau berenang. Pastikan untuk konsultasi dengan dokter atau ahli sebelum memulai rencana olahraga baru.

Baca juga: Benarkah Makan Perlahan Bisa Turunkan Berat Badan?

3. Makan lebih banyak serat

Serat bergerak perlahan melalui saluran pencernaan dan dapat membantu merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat mendukung penurunan berat badan.

Serat mungkin juga dapat menstabilkan kadar gula darah, meningkatkan keteraturan, dan melindungi dari kondisi kronis tertentu.

Buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, roti, dan kacang-kacangan merupakan kelompok makanan yang banyak mengandung serat.

4. Makan dengan penuh kesadaran

Memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana tubuh merespons makanan dan pola makan dapat membantu memastikan kita tidak makan berlebihan. Ini dikenal sebagai makan dengan penuh kesadaran.

5. Tetap terhidrasi

Minum banyak air dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan dan mengurangi asupan makanan, terutama jika kita minum air sebelum makan.

Cara ini mungkin juga berhasil untuk meningkat pembakaran lemak, yang dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan jangka panjang.

Pastikan untuk memilih air putih atau minuman rendah kalori lainnya alih-alih minuman manis seperti soda, yang tinggi gula dan kalori serta bisa berkontribusi untuk menambah berat badan.

Manfaat lain dari minum air putih yang berkaitan dengan penurunan berat badan adalah membantu tetap tubuh terhidrasi saat berolahraga dan membantu membuang limbah dari tubuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com