Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangannya Menghilang, Burung Liar Tertua di Dunia Dilaporkan "Berpacaran" Lagi

Kompas.com - 20/04/2024, 20:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

 

KOMPAS.com - Setelah tiga tahun lamanya tanpa kehadiran pasangan, Wisdom, burung liar tertua di dunia, dilaporkan kembali berjalan-jalan dengan calon pasangan barunya.

Dipercayai menetas pada tahun 1951, elang laut Layson Wisdom diyakini sebagai burung liar tertua di dunia, yang kini berusia sekitar 72 hingga 73 tahun.

Ia diperkirakan telah menghabiskan sebagian besar waktunya dengan pasangan lamanya, Akeakamai, dan keduanya menghasilkan seekor anak burung saat Wisdom mencapai usia 70 tahun.

Namun, pada tahun 2021, Akeakamai tidak ditemukan ketika Wisdom kembali ke sarang mereka di Suaka Margasatwa Nasional Atol Midway untuk musim kawin. Hal ini tidak biasa, karena burung jantan biasanya kembali ke lokasi sebelum betina kembali.

Kemudian, hingga tahun 2023, masih belum ada tanda-tanda kehadiran Akeakamai. Pada titik ini, kemungkinan besar simpulannya adalah burung ini telah meninggal.

Baca juga: Burung Layang-layang Bisa Terbang Selama 10 Bulan Tanpa Mendarat

Wisdom yang mencari pasangan baru

Unggahan media sosial dari US Fish and Wildlife Service (USFWS) mengumumkan bahwa kini Wisdom terlihat menggoda betina lain, setelah ia berpasangan dengan Akeakamai selama puluhan tahun.

Elang laut Laysan biasanya tiba di Atol Midway sekitar bulan November untuk musim bersarang, biasanya mereka akan bertelur pada bulan Desember. Meskipun Wisdom sedikit terlambat, hal itu tampaknya tidak menyurutkan niatnya menggoda betina.

Jonathan Plissner, ahli biologi USFWS, mengatakan bahwa Wisdom masih aktif merayu burung lain pada bulan Maret lalu, dan ia mengaku tidak memperkirakan burung tersebut akan bersarang tahun ini.

Tentu saja, Wisdom setidaknya sedang berusaha untuk kembali berpasangan, namun bukankah albatros hanya kawin sekali dalam seumur hidup?

Secara umum, ya. Monogami bisa dibilang salah satu ciri mereka yang paling terkenal. Meski begitu, keadaan bisa berubah.

Menurut ahli biologi USFWS, Beth Flint, meskipun elang laut mempunyai pasangan seumur hidup, mereka mungkin akan menemukan pasangan baru jika diperlukan, misalnya jika mereka hidup lebih lama dari pasangan pertamanya. Tampaknya, hal tersebut juga terjadi pada Wisdom.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com