Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Jus Bayam untuk Kesehatan yang Terbukti Menurut Sains

Kompas.com - 20/04/2024, 19:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Bayam adalah pembangkit tenaga yang sangat baik karena kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Salah satu cara untuk mengonsumsi bayam dan mendapatkan berbagai manfaatnya adalah dengan membuat jus. Faktanya, jus bayam dikaitkan dengan serangkaian manfaat kesehatan yang mengesankan.

Manfaat jus bayam

Berikut adalah beberapa manfaat jus bayam bagi kesehatan.

1. Tinggi antioksidan

Minum jus bayam adalah cara terbaik untuk meningkatkan asupan antioksidan. Antioksidan menetralkan molekul tidak stabil, yang disebut radikal bebas, sehingga melindungi tubuh dari stres oksidatif dan penyakit kronis.

Secara khusus, bayam merupakan sumber antioksidan lutein, beta karoten , asam coumaric, violaxanthin, dan asam ferulat yang baik.

Baca juga: 5 Manfaat Sayur Bayam untuk Kesehatan

Menurut penelitian kecil selama 16 hari pada 8 orang, meminum 240 ml jus bayam setiap hari dapat mencegah kerusakan oksidatif pada DNA.

2. Dapat meningkatkan kesehatan mata

Jus bayam mengandung lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang diperlukan untuk menjaga kesehatan penglihatan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa ini membantu melindungi dari degenerasi makula terkait usia, suatu kondisi umum yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan progresif.

Terlebih lagi, jus bayam kaya akan vitamin A yang penting untuk kesehatan mata. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan mata kering dan rabun senja.

3. Dapat menurunkan pertumbuhan sel kanker

Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia, beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa tertentu dalam bayam dapat membantu memerangi pertumbuhan sel kanker.

Baca juga: Apa yang Membuat Bayam Sangat Sehat?

Dalam penelitian selama 2 minggu pada tikus, jus bayam mengurangi volume tumor kanker usus besar sebesar 56 persen.

Penelitian lain pada tikus menunjukkan bahwa monogalaktosil diasilgliserol (MGDG), senyawa dalam bayam, dapat meningkatkan efek terapi radiasi untuk membunuh sel kanker pankreas.

Selain itu, penelitian pada manusia menunjukkan bahwa makan lebih banyak sayuran berdaun hijau menurunkan risiko kanker paru-paru, prostat, payudara, dan kolorektal.

Meskipun demikian, penelitian ini difokuskan pada asupan sayuran berdaun hijau secara keseluruhan, bukan jus bayam secara khusus. Oleh karena itu, masih diperlukan studi tambahan.

4. Dapat menurunkan tekanan darah

Jus bayam kaya akan nitrat alami, sejenis senyawa yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah. Pada gilirannya, nutridi ini dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah.

Baca juga: 4 Sayuran yang Termasuk Superfood, Salah Satunya Bayam

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com