Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/04/2024, 11:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Tomat kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan senyawa tanaman lain nyang menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Penelitian bahkan menunjukkan bahwa nutrisi dalam tomat dapat melindungi terhadap berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung dan kanker.

Manfaat sup tomat untuk kesehatan

Menikmati sup tomat bisa menjadi cara lain untuk memanfaatkan manfaat tomat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat sup tomat bagi kesehatan.

1. Kaya akan antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang membantu menetralisir efek berbahaya dari stres oksidatif. Hal ini terjadi ketika molekul perusak sel, yang disebut radikal bebas, menumpuk di dalam tubuh.

Sup tomat merupakan sumber antioksidan yang sangat baik, termasuk likopen, flavonoid, vitamin C dan E, dan sebagainya.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Tomat Ceri untuk Kesehatan?

Mengonsumsi antioksidan telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker dan penyakit terkait peradangan, seperti obesitas dan penyakit jantung.

Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan vitamin C dan flavonoid dapat membantu melindungi dari diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan penyakit otak.

2. Berpotensi memiliki sifat melawan kanker

Tomat banyak diteliti karena khasiatnya untuk melawan kanker berkat kandungan likopennya yang tinggi. Senyawa ini mungkin sangat efektif melawan kanker prostat dan payudara.

Berbagai penelitian telah menemukan hubungan langsung antara asupan likopen yang tinggi, khususnya dari tomat yang dimasak, dengan penurunan risiko kanker prostatm

Penelitian menunjukkan bahwa likopen dapat menyebabkan kematian sel kanker. Likopen juga dapat memperlambat pertumbuhan tumor dalam proses yang disebut anti-angiogenesis.

Baca juga: Studi Baru Ungkap Khasiat Jus Tomat untuk Membunuh Bakteri Salmonella

Di samping itu, mengonsumsi karotenoid tingkat tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara hingga 28 persen. Karotenoid ini termasuk alfa karoten, beta karoten, dan likopen.

Meskipun hasil ini cukup menjanjikan, bukti ilmiah menunjukkan bahwa likopen tidak cukup ampuh untuk digunakan sebagai obat antikanker saja.

3. Meningkatkan kesehatan kulit

Dalam hal kesehatan kulit, beta karoten dan likopen dapat melindungi dari sengatan matahari dengan menyerap sinar ultraviolet (UV), sehingga dapat meningkatkan pertahanan kulit terhadap kerusakan akibat sinar UV.

Misalnya, para peneliti dalam sebuah penelitian memberi suplemen yang mengandung 15 mg likopen, 0,8 mg beta karoten, dan beberapa antioksidan tambahan untuk 149 orang dewasa.

Studi tersebut menemukan bahwa suplemen secara signifikan melindungi kulit peserta dari kerusakan akibat sinar UV.
M Namun, meskipun penelitian menunjukkan bahwa hal ini memiliki beberapa manfaat bagi kulit, bukan berarti kita harus mengubah rutinitas perawatan kulit pelindung sinar matahari.

Baca juga: 3 Manfaat Makan Sup Sayur untuk Kesehatan

Halaman:
Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com