Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Manfaat Konsumsi Biji Mentimun untuk Kesehatan

Kompas.com - 27/04/2024, 08:00 WIB
Annisa Fakhira Mulya Wahyudi,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mengonsumsi timun memiliki banyak manfaat kesehatan. Namun kebanyakan orang membuang biji timun saat mengonsumsinya.

Sebenarnya, bolehkah mengonsumsi biji mentimun? Jawabannya adalah boleh.

Baca juga: 5 Manfaat Air Mentimun untuk Kesehatan

Bahkan biji mentimun, yang sering diabaikan, mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Seperti apa manfaat mengonsumsi biji timun?

Biji timun memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan. Dilansir dari berbagai sumber, kandungan seperti mineral, antioksidan, dan sulfur melimpah dalam biji metimun.

Hidrasi

Biji mentimun kaya akan air, dapat menjadi sumber hidrasi yang sangat baik. Mengonsumsi biji mentimun dapat membantu mengisi carian dan elektrolit, menjaga tubuh terhidrasi.

Menurunkan berat badan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan ekstra, masukkan beberapa biji mentimun ke dalam makanan, itu akan membantu.

Air dan mineral dalam biji mentimun dapat membantu membakar lemak. Kalorinya sangat sedikit, jadi Anda bisa memakannya sebanyak yang Anda bisa.

Mengurangi risiko batu ginjal

Mengonsumsi biji mentimun secara rutin dapat membantu menghilangkan batu ginjal. Bijinya bisa diambil dalam bentuk apapun, baik dalam bentuk bubuk maupun dengan cairan seperti air atau jus.

Baca juga: 8 Manfaat Tak Terduga Konsumsi Mentimun

Pertumbuhan rambut

Biji mentimun adalah solusi dari masalah rambut rontok. Biji mentimun merupakan sumber sulfur yang kaya, yang meningkatkan pertumbuhan rambut, memberikan volume dan menjadikannya sehat. 

Kesehatan pencernaan

Kandungan serat pada biji mentimun dapat meningkakan kesehatan pencernaan, mendukung pergerakan usus, hingga membantu menghilangkan infeksi saluran kencing.

Biji mentimun juga mengandung enzim yang membantu mencegah masalah pencernaan seperti sembelit dan kembung.

Kesehatan kulit

Mengonsumsi biji mentimun membuat kulit Anda awet muda dan bercahaya. Antioksidan seperti vitamin E dan beta-karoten yang ada di dalamnya membantu perbaikan kulit dari radikal bebas dan radiasi UV.

Baca juga: 14 Alasan Makan Mentimun Menyehatkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com