Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/05/2023, 20:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Jika disiapkan dengan bahan yang tepat, sup bisa menjadi hidangan yang benar-benar sehat dengan banyak manfaat.

Misalnya, sup yang terbuat dari kaldu berbahan dasar tulang, sayuran, atau daging menyediakan vitamin, mineral, dan nutrisi, seperti kolagen.

Sup juga memberikan rasa yang lezat selagi menjaga tambahan lemak dan kalori seminimal mungkin.

Manfaat makan sup sayur

Dilansir dari Healthline, asupan sayuran yang tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko kenaikan berat badan, yang merupakan faktor risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker.

Baca juga: 5 Manfaat Air Mentimun untuk Kesehatan

Selain itu, sayuran memberikan banyak manfaat kesehatan karena kandungan vitamin, mineral, serat, dan senyawa tanaman yang tinggi.

Selengkapnya, dikutip dari Live Strong, berikut adalah beberapa manfaat makan sup sayur.

1. Memperoleh nutrisi esensial

Mengonsumsi banyak sayuran dapat membantu menurunkan risiko kanker, tekanan darah tinggi, obesitas, penyakit jantung, dan diabetes tipe-2 karena kandungan nutrisinya yang tinggi. 

Sup sayur umumnya mengandung potasium, vitamin A, riboflavin dan serat. Kalium membantu menangkal peningkatan tekanan darah yang disebabkan oleh asupan natrium yang tinggi dan vitamin A sangat penting untuk kesehatan penglihatan dan fungsi kekebalan tubuh. 

Baca juga: 5 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan

Tubuh membutuhkan riboflavin untuk memproduksi sel darah merah dan serat meningkatkan fungsi pencernaan dan menurunkan kolesterol.

2. Menjaga berat badan tetap sehat

Makanan yang kepadatan energinya rendah, membantu kita lebih kenyang tanpa banyak kalori sehingga memudahkan kita untuk mempertahankan berat badan yang sehat. 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam "Appetite" pada tahun 2007 menemukan, makan sup berbahan dasar kaldu sebelum makan, membantu kita makan hingga 20 persen lebih sedikit. 

Mengonsumsi sup secara teratur juga dapat meningkatkan kadar leptin dalam darah, yakni hormon yang mengatur penyimpanan lemak dalam tubuh. 

Hal ini dapat membantu menjelaskan mengapa orang yang makan sup secara teratur cenderung memiliki berat badan lebih rendah.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Wanita?

3. Tubuh tetap terhidrasi

Terakhir, makan sup dapat membantu tubuh kita tetap terhidrasi dan mendapatkan asupan air yang cukup.

Air sangat penting untuk kesehatan dan total asupan air dapat berasal dari air minum atau air dalam makanan, seperti sup, buah-buahan, dan sayuran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com