Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Rambut yang Memutih Tidak Bisa Berwarna Hitam Lagi?

Kompas.com - 11/05/2024, 09:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Rambut berubah menjadi abu-abu atau putih karena hilangnya melanin, komponen penghasil pigmen yang menghasilkan sel melanosit.

Melanin membentuk warna rambut dan kulit alami. Semakin sedikit melanin yang dimiliki, maka akan semakin terang warna rambut seseorang. Jadi, dambut abu-abu memiliki sedikit melanin, sedangkan rambut putih tidak memiliki melanin.

Seiring bertambahnya usia, kehilangan melanin di rambut adalah hal yang wajar. Faktanya, diperkirakan uban pada rambut manusia akan bertambah hingga 20 persen setiap dekade setelah mencapai usia 30an.

Meski normal, urban kerap dianggap mengganggu penampilan. Namun, ada banyak informasi yang salah tentang menghilangkan uban dan mengembalikan warna alami rambut setelah mulai berubah menjadi abu-abu atau putih.

Kenapa uban tidak bisa kembali berwarna hitam?

Intinya, rambut manusia berwarna putih alami. Melanin bertanggung jawab atas warna rambut sejak lahir, yang didasarkan pada genetika. Folikel rambut mengandung sel melanin yang digunakan untuk membuat pigmen, yang digabungkan dengan protein keratin.

Baca juga: Apa Saja Bahan Alami yang Bisa Menghilangkan Uban?

Hilangnya melanin pada rambut terjadi secara alami, terutama setelah usia 30-an. Namun, tingkat hilangnya warna rambut sebagian besar ditentukan oleh gen seseorang. Jika orang tua mengalami uban dini, kemungkinan besar anaknya juga akan mengalami hal yang sama.

Terlepas dari klaim yang dibuat secara online dan oleh pemasar produk, tidak mungkin untuk menghilangkan uban, jika penyebabnya adalah genetik.

Ketika folikel rambut kehilangan melanin, mereka tidak dapat memproduksinya sendiri. Ketika produksi melanin melambat, rambut berubah menjadi abu-abu, dan kemudian memutih ketika produksi melanin telah berhenti sepenuhnya.

Cara memperlambat timbulnya uban

Tidak ada cara pasti yang dapat lakukan untuk mencegah rambut beruban, kecuali memiliki kekurangan nutrisi atau kondisi medis yang mendasarinya. Namun, mungkin ada beberapa solusi yang dapat dicoba untuk membantu memperlambat munculnya uban, di antaranya adalah:

  • Mengelola stres, karena hormon stres dapat mengganggu produksi melanin di folikel rambut.
  • Berhenti merokok.
  • Menjaga berat badan.
  • Mengurangi paparan terhadap bahan kimia dan polusi.
  • Lndungi rambut dari sinar matahari dengan memakai topi atau syal.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com