Ilmuwan Terus Selidiki Penyebab Sungai di Alaska Berubah Jadi Oranye

Kompas.com - 23/05/2024, 15:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber News Week

KOMPAS.com - Studi baru mengungkapkan, sungai-sungai di Alaska menjadi beracun dan warnanya berubah menjadi "oranye susu".

Penelitian dari National Park Service, US Geological Survey, University of California , Davis, dan rekan-rekannya menemukan bahwa beberapa aliran sungai di lokasi terpencil Alaska telah berubah warna menjadi oranye, yang sebelumnya berwarna biru jernih.

Para ilmuwan yakin hal ini mungkin disebabkan oleh mencairnya lapisan es. Pasalnya, ketika lapisan es mencair, ia melepaskan semua mineral yang tersimpan di dalamnya. Mineral tersebut mungkin mengandung bijih logam, yang dapat menyebabkan warna oranye jika terkena air dan oksigen.

Penelitian baru kemudian dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut tentang penyebab warna oranye ini.

Temuan para peneliti

Para peneliti mengambil sampel dari sungai-sungai di utara Alaska Brooks Range. Mereka menemukan permasalahan tersebut di 75 lokasi dalam wilayah studi.