Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Kita Tidak Boleh Mengambil Cangkang Kerang dari Pantai?

Kompas.com - 22/05/2024, 20:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Cangkang kerang bisa jadi kenang-kenangan yang cantik setelah kita mengunjungi pantai. Namun, tahukah Anda bahwa ada larangan membawa pulang cangkang kerang dari pantai?

Sebuah penelitian pada tahun 2014 menyelidiki hilangnya cangkang kerang dari pantai dan menyimpulkan bahwa hal tersebut menyebabkan “kerusakan signifikan” bagi banyak makhluk hidup yang bergantung pada cangkang.

Kerang merupakan bagian yang sangat penting dalam ekosistem pantai. Kerang menyediakan rumah atau tempat untuk melindungi bagi beragam organisme laut, termasuk alga, lamun, spons, dan krustasean. Kerang juga merupakan sumber kalsium karbonat, yang dapat larut dalam air laut dan didaur ulang kembali ke laut.

Michal Kowalewski, peneliti studi tersebut dan ahli paleontologi di Museum Florida, mengatakan bahwa kerang sangat luar biasa karena memiliki banyak fungsi dalam ekosistem alami.

Kowalewski menambahkan, cangkang moluska sangat penting bagi kelomang, dan meskipun pantai berpasir bukanlah tempat yang baik untuk kepiting tersebut, cangkang kerang yang mati di dataran lumpur dan pantai berbatu merupakan sumber daya utama bagi kelomang.

Baca juga: Bagaimana Cara Kelomang Memilih Cangkang yang Tepat?

Tak hanya itu, banyak juga organisme kecil yang menetap di cangkang kerang, sehingga mengambil cangkang dari pantai akan menghilangkan habitat bagi para kolonis ini.

Untuk studi tersebut, para peneliti melakukan beberapa survei bulanan dari tahun 1978 hingga 1981 dan dari tahun 2008 hingga 2010 di Pantai Llarga, yang berjarak satu jam perjalanan dari Barcelona, Spanyol. Hasil penelitian mereka menunjukkan, jumlah cangkang kerang telah hilang sebanyak 60 persen dalam dua periode penelitian.

Peneliti menduga bahwa hilangnya banyak cangkang kerang kemungkinan besar disebabkan oleh masuknya wisatawan ke daerah tersebut karena jumlah cangkang kerang lebih banyak selama periode musim dingin, saat lebih sedikit orang yang mengunjungi pantai tersebut.

Alasan penting lainnya untuk tidak membawa pulang cangkang kerang adalah karena hal itu ilegal di banyak negara. Misalnya, di Inggris, undang-undang yang diresmikan sejak tahun 1949 melarang pengambilan bahan alami apa pun dari pantai.

Sementara itu, di Amerika Serikat, pengambilan cangkang kerang kosong untuk tujuan rekreasi masih diperbolehkan. Namun, spesies tertentu dilindungi dan mengambil kerang hidup dapat dikenai hukuman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com