Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi: Mimpi Buruk Bisa Jadi Tanda Awal Penyakit Autoimun

Kompas.com - 22/05/2024, 21:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Mimpi buruk bisa menjadi tanda peringatan dini penyakit autoimun, menurut sebuah penelitian baru.

Mimpi yang mengganggu dan halusinasi di siang hari dapat menjadi peringatan awal akan munculnya penyakit autoimun, seperti lupus. Hal ini menjadi penting karena kesadaran yang lebih besar terhadap penyakit tersebut, baik dari pasien maupun dokter, dapat mengarah pada kondisi autoimun yang lebih terkelola.

Mimpi buruk dan autoimun 

Penelitian baru mengamati 676 orang penderita lupus serta mewawancarai 400 dokter dan 69 orang terkait pengalaman hidup mereka dengan penyakit rematik autoimun sistemik, yang termasuk dalam penyakit lupus.

Adapun lupus adalah kondisi autoimun kronis yang dapat menyebabkan nyeri sendi, ruam, dan kelelahan. Saat ini, belum ada obat untuk lupus, namun gejalanya dapat diatasi dengan pengobatan.

Berbagai analisis menghasilkan simpulan bahwa gejala umum yang dialami oleh tiga dari lima pasien menjelang munculnya lupus adalah tidur yang terganggu karena mimpi. Halusinasi juga dilaporkan oleh kurang dari satu dari empat pasien, yang sering kali disertai mimpi buruk yang jelas sebagai pendahulunya.

Baca juga: Apa yang Ada dalam Mimpi Hewan Saat Tidur?

Para dokter yang terlibat dalam penelitian ini sepakat bahwa mimpi buruk dan halusinasi bisa menjadi “sistem peringatan dini” yang berguna terhadap serangan penyakit autoimun yang akan datang.

Memberikan informasi yang lebih baik kepada pasien tentang arti gejala-gejala ini, dapat memungkinkan mereka untuk bekerja sama dengan dokter guna menangani risiko kambuhnya penyakit sebelum menjadi parah.

Terkait hal ini, Profesor Guy Leschziner, peneliti dan ahli saraf di Rumah Sakit Guys’ and St Thomas, mengatakan bahwa ia dan rekan-rekannya telah lama menyadari bahwa perubahan dalam mimpi mungkin menandakan perubahan pada kesehatan fisik, neurologis, dan mental, atau terkadang bisa menjadi indikator awal penyakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com