Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisa Bermimpi seperti Manusia, Ini Isi Mimpi Merpati Saat Tidur

Kompas.com - 07/06/2023, 17:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mimpi telah dianggap sebagai ciri khas tidur manusia sejak lama. Namun, bagaimana dengan hewan, contohnya merpati?

Temuan terbaru ternyata berhasil menunjukkan bahwa ketika merpati tidur, mereka rupanya mengalami semacam mimpi.

Baca juga: Apakah Gurita Bisa Mengalami Mimpi Buruk?

Temuan ini didapat setelah peneliti di Ruhr University Bochum dan Max Planck Institute for Biological Intelligence telah mempelajari pola aktivasi otak pada merpati yang sedang tidur, menggunakan pencitraan resonansi magnetik fungsional.

Para peneliti menerbitkan temuan mereka di jurnal Nature Communications pada 5 Juni 2023.

Bagaimana merpati saat tidur?

Dikutip dari Medicalxpress, Selasa (6/6/2023), saat manusia tidur, otak mengalami serangkaian proses rumit untuk mamastikan kita bangun dengan segar.

Pada manusia, fase tidur yang berbeda, rapid eye movement (REM) dan tidur non-REM, berhubungan dengan perubahan fisiologi, aktivitas otak, dan kognisi yang berbeda.

Misalnya, selama tidur REM, otak kita sangat aktif dan kita mengalami mimpi yang paling nyata, aneh, dan emosional.

Sedangkan selama tidur non-REM, otak secara metabolik kurang aktif dan membuang produk limbah dengan membilas cairan tulang belakang otak melalui ventrikel otak.

Lantas, apakah proses yang terjadi pada manusia ini juga terjadi pula pada burung? Itu masih misteri.

Kendati demikian, menurut Onur Güntürkün, Kepala Departemen Biopsikologi di Ruhr University Bochum, pola tidur pada burung sangat mirip dengan mamalia termasuk fase REM dan non-REM.

Baca juga: Apa Isi Mimpi Orang Buta Saat Tidur?

Untuk mengetahui apa yang terjadi ketika burung tidur, peneliti menggunakan kamera video inframerah dan pencitraan resonansi magnetik fungsional (fMRI) untuk mengamati dan mencatat keadaan tidur dan terjaga dari 15 merpati yang dilatih khusus untuk tidur dalam kondisi percobaan ini.

Rekaman video pun menjelaskan fase tidur pada burung.

"Kami dapat mengamati apakah satu atau kedua mata terbuka atau tertutup, dan untuk melacak pergerakan mata dan perubahan ukuran pupil melalui kelopak mata transparan merpati saat tidur," jelas Mehdi Behroozi, salah satu anggota tim peneliti yang terlibat.

Secara bersamaan, rekaman fMRI memberikan informasi tentang aktivasi otak dan aliran cairan tulang belakang serebral di ventrikel.

Mimpi terbang

Menariknya, selama tidur REM peneliti mengamati ada aktivitas kuat di daerah otak yang bertanggung jawab untuk pemrosesan visual, termasuk di daerah yang menganalis pergerakan lingkungan merpati selama penerbangan.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com