Kompas.com - 07/06/2023, 08:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Ahli paleontologi di Afrika Selatan berhasil menemukan situs pemakaman tertua yang diketahui di dunia.

Hal yang menarik dari penemuan itu adalah bukan hanya soal usia pemakamannya melainkan juga siapa yang membuat kubur tersebut.

Baca juga: Migrasi Manusia Purba Melalui Asia Tenggara, Pemakaman Kuno Ini Jadi Petunjuk

Ahli menyebut situs berisi sisa-sisa kerabat jauh manusia (Homo sapiens) yang sudah punah, Homo naledi. Sehingga besar kemungkinan pemakaman dibuat oleh sepupu manusia itu.

Pemakaman tertua

Mengutip Science Alert, Selasa (6/6/2023) penelitian yang dipimpin oleh Lee Berger ini menemukan beberapa spesimen Homo naledi, hominid Zaman Batu, terkubur sekitar 30 meter di bawah tanah dalam sistem gua di Cradle of Humankind, sebuah situs warisan dunia UNESCO di dekat Johannesburg.

"Ini adalah penguburan paling kuno yang pernah tercatat dalam catatan hominin, lebih awal dari bukti penguburan Homo sapiens setidaknya 100.000 tahun," tulis para peneliti.

Temuan ini pun menantang pemahaman evolusi manusia saat ini karena dilakukan oleh Homo naledi yang berotak lebih kecil daripada sapiens.

Homo naledi sendiri merupakan spesies primitif di persimpangan antara kera dan manusia modern memiliki otak seukuran jeruk dan tinggi sekitar 1,5 meter.