Warna Ungu Bisa Deteksi Keberadaan Alien, Kok Bisa?

Kompas.com - 20/04/2024, 08:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Dalam waktu lebih dari 30 tahun, kita tidak hanya mengetahui planet-planet di Tata Surya melainkan telah menemukan lebih dari 5000 planet lainnya yang tersebar di seluruh kosmos.

Namun, sejauh ini belum ada satupun yang terlihat mirip dengan Bumi.

Baca juga: NASA Ungkap Konsep Cryobot, Wahana Pemburu Alien

Jadi kira-kira bagaimana ya untuk mendeteksi planet yang memiliki kehidupan?

Mengutip Gizmodo, Kamis (18/4/2024) sekelompok peneliti dari Carl Sagan Institute mengatakan ada cara yang bisa digunakan saat berburu tanda-tanda kehidupan di alam semesta.

Cara yang dimaksud yakni mencari planet berwarna ungu.

Selama ini mungkin kita beranggapan planet mirip Bumi adalah planet yang memiliki warna biru. Tapi ternyata menurut peneliti tidak selamanya seperti itu.

Lantas kenapa warna ungu?

Peneliti berpendapat warna ungu yang berasal dari bakteri itu dapat berkembang biak di planet lain ketika terkena berbagai kondisi.

Bakteri ungu adalah mikroorganisme fotosintesis yang hidup di lingkungan perairan dan darat, bertahan hidup dengan sedikit atau tanpa cahaya tampak atau oksigen.

Sementara, bakteri tersebut ditemukan di beberapa tempat di Bumi saat ini, seperti di perairan dangkal, pantai dan rawa, serta ventilasi hidrotermal laut dalam.

Ketika kehidupan mikroba pertama kali muncul di Bumi sekitar tiga miliar tahun yang lalu, bakteri ungu pun kemungkinan merupakan salah satu bentuk kehidupan yang paling tersebar luas.