Seperti Apa Warna Matahari Terbenam di Planet Lain?

Kompas.com - 01/05/2024, 09:30 WIB
Annisa Fakhira Mulya Wahyudi,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Matahari terbenam berwarna jingga kemerahan jika dilihat dari Bumi dan menjadi fenomena menakjubkan setiap harinya.

Namun warna apa saja yang muncul saat Matahari terbenam di planet lain di tata surya?

Baca juga: Kenapa Matahari Tenggelam? Ini Penjelasannya Menurut Sains

Matahari terbenam di planet lain

Di Mars, matahari terbit dan terbenam menghasilkan pancaran sinar biru. Di Uranus, langit matahari terbenam bertransisi dari biru ke pirus atau kehijauan, menurut NASA.

Dan di Titan, salah satu bulan Saturnus, langit berubah dari kuning, oranye, dan coklat saat matahari terbenam di bawah cakrawala.

Bagaimana penjelasan sains mengenai perbedaan warna matahari terbenam di beberapa planet?

Penyebab warna matahari terbenam berbeda

Matahari terbenam terlihat berbeda di setiap planet akibat interaksi sinar matahari dengan molekul di atmosfer planet, menurut artikel yang terbit tahun 2014 di jurnal Applied Optics

Sinar matahari menghamburkan molekul-molekul yang ditemukan di atmosfer. Proses hamburan ini, juga dikenal sebagai hamburan Rayleigh, menurut laman Hyper Physics

Di Bumi, atmosfer terdiri dari molekul gas kecil, sebagian besar nitrogen dan oksigen, yang lebih efektif dalam penghamburan. Molekul tersebut menyerap dan memancarkan kembali cahaya dengan panjang gelombang pendek ke arah yang berbeda, seperti biru dan ungu.

Oleh karena itu, cahaya yang tersebar hingga ke Bumi didominasi warna biru, sehingga menghasilkan langit siang hari yang berwarna biru.