Kompas.com - 17/05/2022, 18:30 WIB

KOMPAS.com - Kenapa Matahari terbenam? Alasannya adalah karena siklus Bumi yang terus berputar. Sebenarnya, Matahari diam di tempatnya dan Bumi yang bergerak. Begini penjelasan lengkapnya.

Rotasi Bumi

Bumi adalah salah satu planet yang bergerak mengelilingi Matahari. Proses ini disebut dengan revolusi. Namun, proses yang membuat Bumi melihat fenomena Matahari terbit dan tenggelam adalah rotasi Bumi.

Rotasi Bumi adalah proses dimana Bumi berputar pada porosnya terus menerus. Bumi berotasi ke arah timur. Setiap saat, ada bagian Bumi yang menghadap ke Bumi dan ada juga bagian yang membelakangi Bumi.

Bagian yang Bumi menghadap ke Matahari, maka wilayah tersebut akan merasakan Matahari terbit dan siang hari. Sebaliknya, ketika Bumi membelakangi Matahari, maka akan terlihat Matahari terbenam dan malam hari.

Kenapa gerakan rotasi Bumi tidak terasa?

Gerakan rotasi Bumi tidak terasa karena manusia tidak memiliki organ untuk merasakan kecepatan yang sebenarnya. Manusia hanya bisa mengetahui cepat atau lambat secara relatif jika kita melihat sesuatu sebagai acuan.

Faktanya, menurut Starchild by NASA, orang yang tinggal di garis khatulistiwa bergerak 1.600 kilometer per jam akibat rotasi Bumi. Kecepatan ini semakin menurun jika posisinya semakin mendekati poros Bumi di Kutub Utara dan Kutub Selatan. Kecepatan pergerakan di Kanada bagian selatan hanya sekitar 1.000 kilometer per jam saja.

Baca juga: Analemma, Fenomena Matahari Berbentuk Angka 8

Sebagai perbandingan, coba kamu ingat ketika sedang berada di dalam mobil yang bergerak. Kita tidak akan bisa menentukan secepat apa kecepatan mobil tersebut jika tidak melihat spedometer.

Kita mungkin merasakan mobil bergetar kencang. Namun, ini bukan parameter kecepatan, melainkan bahwa ada mesin yang bekerja untuk menjalankan mobil. Kita tetap tidak bisa menentukan kecepatan mobil.

Secara relatif, kita hanya bisa tahu mobil cepat atau lambat ketika kita melihat ke luar jendela. Kita memiliki acuan yaitu tempat di luar yang tidak bergerak dan bagaimana kita melihatnya.
Logika yang sama yang digunakan untuk memahami mengenai rotasi Bumi yang menyebabkan Matahari tenggelam dan terbit tanpa kita rasakan pergerakannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.