Kompas.com - 17/05/2022, 17:30 WIB

KOMPAS.com - Tekanan darah secara alami akan berubah mengikuti umur. Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat membahayakan kesehatan, yang prevalensinya masih tinggi di Indonesia.

Seseorang dikatakan hipertensi apabila memiliki tekanan darah melebihi 140/90 mmHg atau tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg, dalam dua kali pengukuran dengan selang waktu berbeda.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dr. Erwinanto, Sp.JP (K), FIHA, FAsCC menjelaskan, pengukuran tekanan darah dapat dilakukan dengan duduk bersandar (rileks) dan kaki menapak tanah.

Baca juga: Hipertensi, mulai dari Gejala, Penyebab sampai Pengobatan

Apabila hasil pengukuran kurang dari angka tersebut atau dalam ambang normal (kurang dari 120/80 mmHg), seseorang tetap harus mencegah, agar tidak menderita hipertensi dengan melakukan gaya hidup sehat.

Hipertensi meningkatkan risiko penyakit stroke, ginjal, dan jantung,” ujar Erwinanto dalam Virtual Press Conference World Hypertension Day 2022, Selasa (17/5/2022).

Apa saja gejala hipertensi?

Dokter spesialis penyakit dalam konsultan ginjal hipertensi sekaligus Sekretaris Jenderal InaSH (Indonesian Society of Hypertension) dr. Djoko Wibisono, Sp.PD-KGH- menegaskan, hipertensi pada awalnya tidak bergejala atau jarang bergejala.

“Hipertensi sering diabaikan karena memang (awalnya) tidak ada gejalanya,” papar dia.

Biasanya, lanjut Djoko, gejala akan muncul apabila hipertensi telah merusak organ lain atau dikenal dengan istilah Hypertension-Mediated Organ Damage (HMOD).

Untuk itu, penting untuk melakukan pengecekan atau mengukur tekanan darah tinggi mandiri secara berkala.

Lebih lanjut, tidak semua penderita hipertensi mengenali atau merasakan keluhan maupun gejala, sehingga hipertensi sering dijuluki sebagai pembunuh diam-diam (silent killer).

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Hipertensi untuk Mencegah Kematian Dini

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.