Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hewan Apa yang Tercepat di Lautan?

Kompas.com - 21/05/2024, 15:34 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat berbicara mengenai hewan tercepat di daratan, siapa pun akan dengan mudah menyebut cheetah sebagai juaranya.

Cheetah disebut mampu berlari dengan kecepatan mencapai 98 kilometer per jam. Rekor itu dipegang oleh seekor cheetah bernama Sarah pada tahun 2012 lalu.

Baca juga: 5 Ikan Hiu Tercepat di Dunia

Tapi bagaimana di lautan, kira-kira hewan apa yang punya kemampuan luar biasa di lingkungan tersebut?

Mengutip IFL Science, Kamis (16//5/2024) billfish--predator air asin yang mempunyai paruh runcing yang menonjol, biasanya dianggap sebagai perenang tercepat di lautan.

Spesies yang paling cepat dari keluarga billfish diperkirakan adalah ikan layar (Istiophorus).

Ikan layar beradaptasi berenang dengan kecepatan sangat tinggi untuk berburu mangsa.

Tumbuh hingga 3 meter dari ekor hingga paruh, mereka memiliki sirip punggung yang sangat besar menyerupai layar perahu.

Meskipun ikan layar mungkin merupakan salah satu hewan laut yang berenang paling cepat, penelitian terbaru menunjukkan bahwa mereka mungkin tidak lincah seperti yang diperkirakan.

Pada tahun 1940-an, para ilmuwan memperkirakan bahwa ikan layar dapat mencapai kecepatan hingga 30 meter per detik atau setara dengan 108 kilometer per jam.

Namun, sebuah penelitian pada tahun 2015 menunjukkan bahwa kecepatan ini mungkin berlebihan. Mereka memperkirakan ikan layar berenang tidak melebihi kecepatan 10 meter per detik atau 36 kilometer per jam.

Lebih lanjut, sangat kecil kemungkinannya ikan layar dapat mempertahankan kecepatan ini dalam jangka waktu lama.

Baca juga: Bagaimana Ikan Tercepat di Dunia Berburu Mangsanya?

Kecepatan tertinggi ini kemungkinan besar dicapai dalam gerakan singkat namun intens saat berburu mangsa.

Seringkali, ikan predator besar seperti ini cenderung berenang dengan kecepatan yang sebanding dengan kecepatan rata-rata manusia berjalan.

Sebuah proyek tahun 2015 yang dilakukan oleh Central American Billfish Association mencatat ikan layar berakselerasi pada gaya G sebesar 1,79 G.

Jika ikan tersebut mempertahankan kecepatan itu hanya dalam beberapa detik, menurut peneliti kecepatannya setara dengan 125,5 kilometer per jam.

Namun rekor itu bisa saja dikalahkan oleh tuna sirip biru. Large Pelagics Research Center yang melakukan penelitian serupa menemukan kecepatan ikan tersebut bisa mencapai 3,27 G atau 1,8 kali lipat kecepatan ikan layar.

Tapi sekali lagi, itu hanya ledakan kecepatan dan tidak jelas berapa lama ikan tersebut bisa mempertahankan aktivitas tersebut.

Baca juga: Kenapa Cheetah Jadi Hewan Tercepat di Bumi?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com