Kompas.com - 26/07/2023, 17:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Matahari tenggelam menyemburkan warna jingga kemerahan yang membuat langit senja tampak sangat cantik.

Namun, tahukah Anda bahwa warna jingga kemerahan saat matahari tenggelam hanya bisa ditemukan di Bumi? Menariknya lagi, matahari tenggelam di planet-planet lain di tata surya menampilkan warna yang berbeda-beda.

Warna matahari tenggelam di planet lain

Melansir Live Science, bergantung pada planetnya, warna matahari tenggelam bisa beragam, tidak hanya jingga kemerahan seperti di Bumi.

Di Mars, matahari terbit dan tenggelam dengan cahaya biru. Di Uranus, warna matahari terbenam bertransisi dari biru ke biru kehijauan. Kemudian, di Titan, salah satu bulan Saturnus, langit berubah dari kuning menjadi jingga kemudian cokelat saat matahari tenggelam.

Baca juga: Apakah Matahari Bisa Menjadi Lubang Hitam?

Kurt Ehler, profesor matematika di Truckee Community College, Reno, Nevada, menjelaskan bahwa warna matahari terbenam tidak sama di setiap planet karena warna tersebut dihasilkan dari masing-masing atmosfer planet dan bagaimana partikel di dalamnya menyebarkan sinar matahari.

Di Bumi, atmosfer terdiri dari molekul gas kecil, sebagian besar nitrogen dan oksigen, yang lebih efektif dalam penghamburan cahaya dengan panjang gelombang pendek, seperti biru dan ungu, alih-alih panjang gelombang merah yang lebih panjang.

Jenis hamburan selektif yang disebabkan oleh molekul kecil disebut hamburan Rayleigh. Saat matahari terbenam dan terbit, ketika sinar matahari harus bergerak lebih jauh, lebih banyak cahaya biru yang tersebar sehingga menciptakan nuansa merah cerah.

Ehler menjelaskan, setiap planet yang atmosfernya didominasi oleh gas akan mengikuti pola yang sama dengan warna panjang gelombang yang lebih panjang menjadi lebih dominan saat matahari terbenam.