Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/05/2024, 18:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Ada pendapat yang mengatakan bahwa mencuci muka dengan air garam laut dapat menyembuhkan jerawat, dan juga membuat wajah tampak lebih segar.

Namun, sebelum kita mencobanya, kita perlu tahu tentang pendapat dokter kulit tentang hal ini, termasuk apa manfaatnya bagi kulit.

Apakah ada manfaat mencuci muka dengan air garam?

Snehal Amin, MD, FAAD, seorang dokter kulit bersertifikat, mengatakan bahwa sir garam telah dikenal kemampuannya dalam mendisinfeksi dan membersihkan kulit sejak zaman Mesir kuno.

Ia menjelaskan, garam bertindak sebagai pengelupas kulit dan scrub mekanis +yang menghilangkan sel-sel kulit mati. Ini membuat kulit terasa lebih halus, lembut, dan cerah.

Melalui aksi osmotik, garam menyerap racun dan mengeluarkan kotoran serta minyak. Sementara itu, pengecilan ukuran pori-pori adalah efek lainnya.

Baca juga: 3 Manfaat Mandi Air Garam Laut untuk Kesehatan

Namun, ahli menyarakan, mencuci muka dengan air garam sebaiknya hanya dilakukan sesekali.

Sebagian besar dari kita mungkin ingin memiliki kulit yang lebih bersih, lembut, halus, serta pori-pori yang tampak lebih kecil. Namun, aminmengstaksn, air garam paling cocok untuk orang dengan kulit berminyak atau rentan berjerawat, meski mungkin tidak sepenuhnya mengobati jerawat.

Potensi kerugian

Mencuci muka dengan air garam bisa menyebabkan wajah menjadi terasa keras dan menyebabkan iritasi, yang memperingatkan bahwa penggunaan berlebihan dapat membahayakan pelindung kulit.

Hal ini dapat memperburuk beberapa kondisi kulit seperti jerawat dan eksim atau berpotensi menyebabkan hiperpigmentasi dan jaringan parut. Hal ini juga dapat menghambat pengobatan dan perawatan dari dokter kulit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com