Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NASA Temukan Simbol 'Ying-Yang' di Puncak Gunung Berapi Turki

Kompas.com - 20/05/2024, 14:00 WIB
Annisa Fakhira Mulya Wahyudi,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di Turki terdapat sebuah gunung berapi bernama Nemrut. Baru-baru ini kaldera besar gunung berapi Nemrut terbelah menjadi dua, dengan satu sisi terbuat dari aliran lava yang memadat dan separuh lainnya berupa danau kawah yang dalam.

Lava yang memadat ertutup salju dengan warna putih dan danau yang dalam berwarna kehitaman menjadikannya tampak seperti simbol "yin-yang" jika dilihat dari atas.

Baca juga: Apa yang Sebenarnya Ada di Mata Sahara?

Kaldera Ying-Yang di Turki

Stasiun Luar Angkasa Internasional NASA menangkap gambar langka dari kawah atau kaldera tidak biasa yang tercipta di gunung berapi Nemrut di Turki.

Gunung Nemrut, yang dinamai menurut tokoh alkitabiah Raja Nimrod, tingginya 9.672 kaki (2.948 meter) dan terletak di persimpangan antara lempeng tektonik Eurasia dan Arab.

Gambar yang diambil menunjukkan bagaimana seluruh wilayah kaldera terbelah menjadi dua bagian, yaitu wilayah lava yang memadat dan sebuah danau yang terlihat seperti simbol yin-yang dari filsafat Tiongkok.

Kaldera besar gunung berapi tersebut, yang lebarnya sekitar 8,5 kilometer pada titik terlebarnya dan kedalamannya mencapai 610 meter, sebagian besar terbentuk oleh satu letusan besar sekitar 250.000 tahun yang lalu, menurut sebuah studi tahun 2012.

Letusan ini juga mengeluarkan aliran lava besar yang menghalangi sungai di dekatnya dan menciptakan danau terbesar di Turki, Danau Van, yang terletak di sebelah timur gunung.

Setelah itu, letusan yang lebih kecil dari gunung di bagian timur kaldera menyebabkan penumpukan aliran lava yang memadat di salah satu sisi kawah. Sisi lain kaldera akhirnya terisi air sehingga membentuk danau kawah.

Baca juga: Mengagumkan, Foto Bumi di Malam Hari Ini Diambil Astronot dari ISS

Perbedaan antara kedua bagian puncak gunung berapi ini paling terlihat ketika gunung tersebut tertutup salju. Jika hal ini terjadi, sering kali disamakan dengan simbol yin-yang dari filsafat Tiongkok.

Danau kawah Nemrut memiliki kedalaman maksimum sekitar 176 m dan mencakup aliran lava serupa dari letusan masa lalu. Namun ini bukan satu-satunya danau yang ada di kaldera, menurut The Earth Observatory.

Danau lain yang lebih kecil, dengan kedalaman 11 m, terletak di antara dataran lava dekat tepi utara kaldera. Danau ini dialiri oleh sumber air panas yang mencerminkan keberadaan kehidupan di bawah kaldera meskipun gunung berapi tersebut dalam keadaan tidak aktif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com