Kompas.com - 13/09/2021, 19:30 WIB
Foto Bumi di malam hari dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Foto mengagumkan planet Bumi ini diambil astronot Badan Antariksa Eropa (ESA). ESA/NASA-T. PesquetFoto Bumi di malam hari dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Foto mengagumkan planet Bumi ini diambil astronot Badan Antariksa Eropa (ESA).


KOMPAS.com - Beberapa foto baru Bumi diambil astronot Badan Antariksa Eropa (ESA) dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Foto-foto mengagumkan ini menampilkan pemandangan Bumi di malam hari.

Foto-foto Bumi dari ISS ini menampilkan betapa indah pemandangan planet kita dari luar angkasa.

Planet Bumi adalah butiran debu di alam semesta, yang membawa muatan berharga dari semua kehidupan.

Baru-baru ini, astronot ESA, Thomas Pesquet, mencoba mengabadikan wajah Bumi di malam hari dari beberapa foto Bumi yang diambilnya dari stasiun luar angkasa.

Dilansir dari Science Alert, Senin (13/9/2021), Pesquet memotret sisi malam Bumi dari Cupola Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Baca juga: Foto Bumi dan Bulan Dilihat dari Mars, Bukti Bumi Bulat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Menampilkan foto sisi malam Bumi yang mengangumkan, dengan selimut atmosfer yang halus dan bercahaya.

Kilauan cahaya berkelip dari lampu-lampu tempat tinggal manusia yang bersinar dengan latar belakang bintang-bintang yang berkilau.

"Beberapa gambar malam dari Cupola: terkadang lampu bintang bertarung dengan lampu kota untuk siapa yang paling terang dan lebih cantik. Saya hanya beruntung bisa menjadi juri," tulis Pesquet di Flickr.

Suasana bercahaya, tidak disebutkan oleh Pesquet, juga mencengangkan. Ini disebut nightglow, dan itu diciptakan oleh proses alami.

Langit bumi tidak pernah benar-benar gelap, bahkan di malam hari, dan bahkan setelah mengekstrak polusi cahaya, cahaya bintang, dan sinar matahari yang menyebar.

Molekul-molekul di atmosfer terus-menerus mengalami berbagai proses, yang menyebabkan mereka bersinar samar-samar di berbagai panjang gelombang. Pemandangan foto Bumi di malam hari ini pun tampak begitu spektakuler dan mengagumkan.

Baca juga: Apa Rasanya Kembali ke Bumi dari Luar Angkasa? Ini Kata Astronot

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.