Dampak Pemanasan Global, 246 Juta Lansia Berisiko Kena Paparan Panas

Kompas.com - 17/05/2024, 11:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Tim ilmuwan bumi dan lingkungan di CMCC Foundation–Euro-Mediterranean Center on Climate Change, bekerja sama dengan beberapa rekan dari Universitas Boston menemukan bukti baru dampak dari pemanasan global.

Temuan tim mengungkapkan bukti yang menunjukkan sebanyak 246 juta orang lansia di seluruh dunia berisiko terkena paparan panas pada tahun 2050 akibat pemanasan global.

Baca juga: Menanam Pohon di Tempat yang Salah Bisa Meningkatkan Pemanasan Global

Dikutip dari Medicalxpress, Kamis (16/5/2024) planet ini semakin panas karena emisi gas rumah kaca yang dihasilkan manusia ke atmosfer.

Namun tidak semua bagian Bumi akan mengalami peningkatan suhu yang sama.

Beberapa tempat seperti bagiann Afrika dan Asia diperkirakan akan mengalami suhu yang lebih panas dibandingkan tempat lainnya.

Sayangnya, pada saat yang sama jumlah orang yang berusia di atas 60 tahun juga terus bertambah.

Jumlah mereka diperkirakan akan meningkat dua kali lipat pada tahun 2050 dan sebagian besar dari mereka tinggal di wilayah Asia dan Afrika, di negara-negara yang jarang memiliki AC.

Dalam studi baru ini, tim peneliti mencatat bahwa meskipun banyak penelitian telah dilakukan untuk lebih memahami dampak panas ekstrem pada orang lanjut usia, masih sedikit penelitian yang dilakukan untuk mengetahui berapa banyak dari mereka yang mungkin berisiko di tahun-tahun mendatang.

Untuk mengetahuinya, mereka melihat model iklim dan populasi pada tahun-tahun menjelang tahun 2050.

Model iklim menunjukkan bahwa jumlah rata-rata hari yang sangat panas secara global akan bertambah dari sekitar 10 menjadi 20 hari dalam 30 tahun ke depan.

Para peneliti juga menemukan bahwa hari-hari panas tersebut akan lebih panas, tergantung di mana terjadinya.