Studi Klaim Dunia Alami Pemanasan Global Lebih Cepat dari Perkiraan

Kompas.com - 07/02/2024, 09:34 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia terjadi lebih cepat dan telah memanaskan dunia lebih dari yang perkirakan.

Temuan tersebut berdasarkan studi terhadap spons, hewan sederhana yang menyaring air yang berumur berabad-abad dan berasal dari Karibia.

Baca juga: Pemanasan Global Mengikis Cangkang Kerang dan Terumbu Karang di Laut

Peneliti mencatat pertumbuhan yang mendokumentasikan perubahan suhu air, keasaman, dan tingkat karbon dioksida di udara pada spons.

Hasilnya, peneliti menghitung bahwa dunia telah melampaui target yang disetujui secara internasional untuk membatasi pemanasan global hingga 1,5 derajat celsius dan malah mencapai angka 1,7 derajat celsius pada tahun 2020.

Namun, ilmuwan lain merasa skeptis terhadap klaim penelitian bahwa suhu dunia telah memanas lebih dari yang diperkiran. Akan tetapi, jika perhitungan pada spons benar maka akan ada dampak yang besar.

Dalam beberapa tahun terakhir saja, para ilmuwan telah mencatat cuaca yang lebih ekstrem dan berbahaya, seperti banjir, badai, kekeringan, dan gelombang panas.

"Ini bukan kabar baik karena menyiratkan pemanasan yang lebih besar," kata Natalie Mahowald, ilmuwan iklim dari Universitas Cornell yang tidak ikut serta dalam penelitian ini.

Studi spons

Dikutip dari Phys, Selasa (6/2/2024), banyak spesies spons yang berumur panjang dan seiring pertumbuhannya, mereka mencatat kondisi lingkungan di sekitarnya dalam kerangka mereka, termasuk perubahan lingkungan.

Spons mengalirkan air dari semua bagiannya sehingga dapat mencatat perubahan ekologi yang lebih luas.