Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelombang Panas Picu Serangan Asma yang Parah pada Anak

Kompas.com - 23/05/2024, 09:37 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gejala penyakit paru-paru, seperti sesak napas dan mengi selama ini lebih dikaitkan dengan cuaca dingin.

Namun dalam sebuah studi baru, peneliti menemukan gelombang panas ternyata bisa memicu serangan asma yang parah pada anak, yang membuat mereka akhirnya harus sering melakukan kunjungan ke rumah sakit.

Hasil tersebut didapatkan setelah peneliti dari University of California, San Francisco (UCSF) mempelajari data kesehatan elektronik di Rumah Sakit Anak UCSF Benioff.

Baca juga: Bagaimana Fenomena Gelombang Panas Bisa Terjadi?

Data tersebut mencakup catatan rawat inap penderita asma dan alamat pasien.

Peneliti juga menggunakan informasi dari PRISM Climate Group di Oregon State University untuk mendapatkan catatan suhu di rumah pasien setiap hari dari bulan Juni hingga September antara tahun 2017 dan 2020.

Mengutip New Scientist, Senin (20/5/2024) peneliti kemudian mendefinisikan gelombang panas dalam 18 cara berbeda dan melihat kisaran suhu yang terjadi selama periode-periode tersebut.

Saat mempresentasikan temuan mereka di konferensi American Thoracic Society di San Diego, California, peneliti menemukan bahwa gelombang panas dikaitkan dengan peluang rata-rata 19 persen lebih tinggi bagi seorang penderita anak asma untuk berkunjung atau dirawat di rumah sakit dibandingkan saat tidak ada gelombang panas.

Meski penelitian lebih lanjut diperlukan, cuaca panas dapat berkontribusi terhadap kabut asap dan polusi ozon.

Hal tersebut menurut peneliti dapat menyebabkan iritasi saluran udara.

Baca juga: Kenapa Gelombang Panas Bisa Mematikan?

"Seiring dengan meningatnya suhu global yang disebabkan oleh perubahan iklim karena aktivitas manusia, kita dapat memperkirakan peningkatan masalah terkait kesehatan yang lebih sering dan parah pada manusia," papar Morgan Ye dari UCSF.

Stephanie Holm dari Unit Spesialis Kesehatan Lingkungan Anak-Anak di Negara Bagian Barat UCSF menambahkan anak-anak sangat rentan terhadap panas ekstrem sehingga masalah kesehatan bisa berdampak pada mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com