Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Temuan Planet Aneh Bersinar Merah, Penuh dengan Gunung Berapi Aktif

Kompas.com - 26/05/2024, 08:00 WIB
Annisa Fakhira Mulya Wahyudi,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Para ilmuwan telah menemukan planet ekstrasurya yang aneh dan bersinar merah bernama TOI-6713.01, yang berisi gunung berapi aktif yang siap meletus.

Baca juga: Speculoos-3b, Planet Seukuran Bumi yang Waktu Orbitnya Hanya 17 Jam

Planet merat yang penuh dengan gunung berapi

Sebuah planet yang baru ditemukan di sistem bintang yang jauh tertangkap sedang mengalami erupsi gunung berapi yang sangat dahsyat dengan jumlah gunung yang banyak pula. Planet tersebut tampak bersinar merah menyala jika dilihat dari luar angkasa.

Belum ada temuan planet seperti ini sebelumnya, dan observasi lanjutan diperlukan untuk memastikan keberadaan bola aneh merah menyala tersebut.

Planet yang baru ditemukan tersebut bernama TOI-6713.01 adalah planet terdalam dari sistem bintangnya, yang diketahui terdapat dua plaet lainnya yang mengorbit bintang katai oranye yang berjarak sekitar 66 tahun cahaya dari Bumi.

Planet berbatu tersebut sedikit lebih besar dari Bumi dan mengorbit bintang berusia 5 miliar tahun setiap 2,2 hari Bumi. Para astronom melaporkan temuan ini dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada The Astronomical Journal bulan April 2024.

Penemuan oleh tim peneliti

Pengamatan dengan Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) milik NASA yang memburu planet ekstrasurya menunjukkan bahwa permukaan planet TOI-6713.01 tersebut ditutupi dengan lava cair dari ratusan gunung berapi yang dimuntahkan ke permukaannya.

Suhu di sana melebihi 2.300 derajat Celcius.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Planet Besar Seringan dan Halus Permen Kapas

“Ini berarti planet ini benar-benar bersinar pada panjang gelombang optik,” kata Stephen Kane, astrofisikawan di University of California, Riverside yang memimpin penemuan tersebut, dikutip dari Universe Today.

Para astronom mengatakan planet-planet tetangga, yang mengorbit bintang dari jarak jauh, secara gravitasi telah mempengaruhi orbit planet TOI-6713.01 dari lingkaran menjadi oval.

Jadi, dalam orbitnya yang pendek mengelilingi bintang, TOI-6713.01 terus-menerus ditarik dan didorong oleh gravitasi dua planet tetangganya dan bintang pusatnya.

Hal tersebut menciptakan apa yang oleh para astronom digambarkan sebagai “badai pasang surut yang sempurna.”

Tarik-menarik ini memicu gesekan internal dan panas yang sangat besar di dalam planet, yang akhirnya dilepaskan melalui ledakan gunung berapi di permukaannya.

Jika keberadaan TOI-6713.01 dikonfirmasi dengan observasi lanjutan, maka ini bisa menjadi target yang menarik untuk mempelajari efek pasang surut ekstrim yang dialami planet. Namun, dinamika seperti itu saat ini belum menjadi fokus penelitian planet ekstrasurya.

Dalam beberapa bulan mendatang, Kane dan timnya akan mengukur massa planet yang memancar, dan mencari tahu berapa banyak material yang tersedia untuk meletus sebagai gunung berapi, serta mengungkap petunjuk tentang bagaimana dunia panas ini terbentuk dan berevolusi.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Planet Seukuran Bumi yang Mengorbit Bintang Kecil

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com