Temuan Planet Aneh Bersinar Merah, Penuh dengan Gunung Berapi Aktif

Kompas.com - 26/05/2024, 08:00 WIB
Annisa Fakhira Mulya Wahyudi,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Para ilmuwan telah menemukan planet ekstrasurya yang aneh dan bersinar merah bernama TOI-6713.01, yang berisi gunung berapi aktif yang siap meletus.

Baca juga: Speculoos-3b, Planet Seukuran Bumi yang Waktu Orbitnya Hanya 17 Jam

Planet merat yang penuh dengan gunung berapi

Sebuah planet yang baru ditemukan di sistem bintang yang jauh tertangkap sedang mengalami erupsi gunung berapi yang sangat dahsyat dengan jumlah gunung yang banyak pula. Planet tersebut tampak bersinar merah menyala jika dilihat dari luar angkasa.

Belum ada temuan planet seperti ini sebelumnya, dan observasi lanjutan diperlukan untuk memastikan keberadaan bola aneh merah menyala tersebut.

Planet yang baru ditemukan tersebut bernama TOI-6713.01 adalah planet terdalam dari sistem bintangnya, yang diketahui terdapat dua plaet lainnya yang mengorbit bintang katai oranye yang berjarak sekitar 66 tahun cahaya dari Bumi.

Planet berbatu tersebut sedikit lebih besar dari Bumi dan mengorbit bintang berusia 5 miliar tahun setiap 2,2 hari Bumi. Para astronom melaporkan temuan ini dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada The Astronomical Journal bulan April 2024.

Penemuan oleh tim peneliti

Pengamatan dengan Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) milik NASA yang memburu planet ekstrasurya menunjukkan bahwa permukaan planet TOI-6713.01 tersebut ditutupi dengan lava cair dari ratusan gunung berapi yang dimuntahkan ke permukaannya.

Suhu di sana melebihi 2.300 derajat Celcius.