Astronom Temukan Planet Baru dengan Lautan Mendidih

Kompas.com - 28/03/2024, 15:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Sumber bgr

KOMPAS.com - Sebuah planet yang hanya berjarak 70 tahun cahaya telah menarik banyak perhatian para ilmuwan.

Sekelompok astronom menemukan planet tersebut menggunakan data yang mereka ambil dari Teleskop Luar Angkasa James Webb.

Baca juga: Apakah Planet Terkecil yang Pernah Diketahui?

Lantas apa menariknya?

Ternyata setelah melihat lebih dekat, astronom mengatakan bahwa planet ini mungkin merupakan lautan yang mendidih dan cukup panas untuk memasak.

Makalah tentang penemuan ini diterbitkan di Astronomy & Astrophysics, dan merinci penemuan planet baru, yang oleh para peneliti diberi nama TOI-270 d.

Itu adalah salah satu dari tiga planet yang terletak di sistem TOI-270, dan ketiganya mengorbit bintang katai merah.

Para ilmuwan menggambarkan planet ini sebagai “Neptunus yang lebih kecil” karena komposisi gasnya. Namun belum jelas apakah bentuknya mirip Neptunus.

Planet yang mendidih

Namun mengutip BGR, Jumat (22/3/2024) yang membedakan planet TOI-270 d ini dari exoplanet lain adalah komposisi kimiawi atmosfernya.

Para astronom mengatakan komposisi atmosfernya tampaknya menunjukkan apa yang kita sebut sebagai “dunia Hycean”, yang berarti dunia ini memiliki lautan luas dan atmosfer yang sangat kaya hidrogen.

Selain itu berdasarkan data lain yang diurai James Webb, astronom juga meyakini lautan di planet ini cukup panas untuk merebus air.

Diperkirakan lautan memiiki suhu hingga 100 derajat Celcius.

Akan tetapi kondisi planet yang mendidih tersebut masih menjadi perdebatan.

Itu karena beberapa astronom percaya bahwa data yang diberikan Webb menunjukkan komposisi yang sangat berbeda.