Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Peregangan bagi Tubuh yang Jarang Disadari

Kompas.com - 22/03/2024, 04:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Tanpa disadari, banyak dari kita memulai hari dengan melakukan peregangan, bahkan sebelum bangun dari tempat tidur.

Peregangan otot yang tidak disengaja disebutbpandikulasi. Perilaku ini juga dilakukan sebagian besar hewan untuk meredakan ketegangan otot.

Selain menimbulkan sensasi yang menyenangkan, peregangan dapat mengurangi risiko cedera, menimbulkan perasaan tenang, dan bahkan meningkatkan sirkulasi.

Manfaat peregangan untuk tubuh

Selain yang telah disebutkan, ada banyak manfaat lain dari melakukan peregangan otot secara teratur. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Peningkatan fleksibilitas

Peregangan secara teratur dapat membantu meningkatkan fleksibilitas, terutama bagi orang yang menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak.

Baca juga: Apa Manfaat Mengunyah Makanan Lebih Lama?

Fleksibilitas secara alami menurun seiring dengan proses penuaan, namun peregangan dapat membantu memperlambat proses ini.

2. Peningkatan sirkulasi

Peregangan menyebabkan perbaikan sirkulasi jangka pendek dengan merelaksasi pembuluh darah dan meningkatkan jumlah darah yang dipompa jantung.

Kemudian, peregangan diperkirakan memiliki manfaat jangka panjang pada kesehatan peredaran darah, seperti peningkatan fungsi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

3. Pelepas stres

Peregangan statis mengaktifkan sistem saraf parasimpati. Mengaktifkan cabang sistem saraf ini dapat membantu meringankan efek psikologis dari stres. Hal ini, pada gilirannya, dapat membantu menimbulkan perasaan tenang dan rileks.

4. Performa olahraga yang lebih baik

Mampu mencapai rentang gerak penuh melalui seluruh persendian dapat membantu meningkatkan performa olahraga. Misalnya, untuk mencapai kecepatan maksimal, seorang sprinter harus mampu merentangkan dan memutar pinggulnya sepenuhnya.

Baca juga: Manfaat Berhenti Merokok Vape untuk Paru-paru

Peregangan statis dan dinamis mungkin dapat membantu tubuh meningkatkan rentang geraknya. Namun, peregangan statis harus dilakukan setelah olahraga karena dapat mengurangi produksi tenaga.

5. Postur tubuh yang lebih baik

Ketegangan dan ketegangan otot dapat berdampak negatif pada postur tubuh karena menarik tulang belakang ke posisi yang dapat memberi tekanan pada otot punggung dan lehe.

Riset telah menunjukkan bahwa peregangan teratur yang dikombinasikan dengan latihan kekuatan dapat membantu memperbaiki postur dan keselarasan tubuh yang buruk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com