Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/03/2024, 15:00 WIB
Annisa Fakhira Mulya Wahyudi,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Urutan planet dalam galaksi Bima Sakti sudah disepakati oleh para ahli. Dimulai dari Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Berdasarkan urutan tersebut, kita dapat melihat planet yang paling dekat dengan Bumi adalah Venus dan Mars. Bagaimana menurut sains? Apakah hal tersebut benar?

Baca juga: Mengapa Suhu di Venus Lebih Panas Dibandingkan di Merkurius?

Planet terdekat dari Bumi

Kebanyakan orang awam akan menduga bahwa planet paling dekat dengan Bumi adalah Venus. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah, karena melihat dari urutan planet dalam galaksi memang Bumi terletak setelah Venus.

Namun ternyata, berdasarkan perhitungan fisika, planet yang paling dekat dengan Bumi adalah Merkurius.

Bagaimana bisa Merkurius lebih dekat dengan Bumi?

Jarak rata-rata Merkurius ke Matahari memang lebih dekat daripada Venus. Namun, orbit kedua planet ini tidak lingkaran sempurna, melainkan elips. Ini berarti jarak mereka ke Matahari dan Bumi bisa berubah sepanjang tahun.

Para ilmuwan menghitung jarak rata-rata antar planet dengan menggunakan point-circle method (PCM), yang menghitung rata-rata seluruh jarak antara setiap titik pada kedua orbit

Para ilmuwan juga menggunakan perhitungan jarak rata-rata antar planet dengan Bumi dalam periode waktu tertentu. Dengan metode ini, Merkurius terpilih secara rata-rata lebih dekat dengan Bumi dibandingkan Venus.

Merkurius adalah planet terdekat kita. Karena Merkurius paling dekat dengan matahari dan memiliki orbit terkecil. Itu berarti ia lebih sering berada di sisi matahari yang sama dengan Bumi. Sedangkan Venus dan Mars menghabiskan waktu yang lama ketika jauh dari Bumi.

Baca juga: Berapa Lama Satu Hari di Merkurius?

Dengan alasan yang sama, ternyata Merkurius bukan hanya planet terdekat Bumi. Secara rata-rata, Merkurius juga merupakan planet terdekat dari keenam planet lain di tata surya kita.

A comparison of the average distances (in astronomical units) between planets. A comparison of the average distances (in astronomical units) between planets.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com