Kompas.com - 12/03/2024, 17:00 WIB
Annisa Fakhira Mulya Wahyudi,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Berlian merupakan batuan indah yang terbuat dari karbon yang dipanaskan oleh inti bumi selama miliaran tahun. Berlian merupakan komoditas yang langka di Bumi.

Tapi, bagaimana jika komoditas langka tersebut merupakan penyusun terbesar sebuah planet?

Baca juga: Ilmuwan: Planet Berlian Mungkin Saja Ada di Antara Exoplanet Galaksi Ini

Ya, di alam semesta ini ada planet yang tersusun dari berlian. Planet apa itu?

Penemuan planet berlian

Pada tahun 2004, 55 Cancri e ditemukan sebagai planet yang sebagian besar terdiri dari karbon dalam bentuk intan dan grafit. Dari situ, planet 55 Cancri e dijuluki sebagai "planet berlian".

Para ilmuwan juga memberikan julukan "Bumi Super" karena ukurannya yang hanya dua kali lipat dari Bumi tetapi memiliki massa delapan kali lipat.

Teleskop Luar Angkasa Spitzer NASA, mengumpulkan data tentang jarak dan massa orbit planet, dan model komputer yang menghasilkan gambar susunan kimiawi 55 Cancri e.

Diperkirakan setidaknya sepertiga massa planet ini adalah berlian murni.

Dikutip dari laman resmi National Geographic, 55 Cancri e terletak di konstelasi utara Cancer. Berjarak 40 tahun cahaya dari, terhitung sebagai planet yang relatif dekat dengan Bumi. 55

Cancri e adalah salah satu dari lima planet yang mengelilingi bintang mirip matahari bernama 55 Cancri. Bintang ini sangat dekat sehingga terlihat dengan mata telanjang di langit malam.