Astronom Deteksi Pelangi di Exoplanet, Seperti Apa?

Kompas.com - 13/04/2024, 15:33 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Astronom berhasil mendeteksi sebuah fenomena menarik di exoplanet atau planet di luar tata surya misterius bernama WASP-76b.

Melalui teleskop luar angkasa CHEOPS astronom mengamati adanya fenomena yang disebut glory di planet tersebut.

Baca juga: Mengenal Glory, Fenomena Mirip Pelangi yang Muncul di Planet Venus

Glory merupakan sebuah fenomena cahaya mirip pelangi, yang terjadi jika cahaya dari bintang yang menjadi tempat orbit planet dipantulkan oleh awan.

Jika hipotesis ini terkonfirmasi, ini akan menjadi deteksi pertama fenomena ini di luar tata surya kita.

Mengutip Science Daily, Senin (8/4/2024) WASP-76b adalah planet raksasa yang sangat panas.

Planet mengorbit bintang induknya dua belas kali lebih dekat dibandingkan Merkurius yang mengorbit Matahari kita.

Hal ini membuat WASP-76b menerima lebih dari 4.000 kali radiasi lebih banyak dibandingkan Matahari ke Bumi.

Sejak ditemukan pada tahun 2013, WASP-76b sendiri telah menjadi subjek penelitian intensif para astronom.

Salah satu pengamatan yang membuat astronom tertarik adalah asimetri antara jumlah cahaya yang teramati di terminator timurnya dengan terminator baratnya.

Terminator adalah garis fiktif yang memisahkan sisi malam dan sisi siangnya.

Dalam kasus WASP-76b, pengamatan menunjukkan peningkatan jumlah cahaya dari terminator di sebelah timur planet dibandingkan dengan terminator di barat.

Untuk mengetahui mengapa itu bisa terjadi, astronom menggunakan data dari teleskop luar angkasa CHOPS.