Kompas.com - 14/05/2024, 21:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

-

KOMPAS.com - Sejak penemuan exoplanet pertama pada tahun 1990an, berbagai macam "dunia" yang aneh dan indah telah ditemukan mengorbit bintang di luar Tata Surya.

Dengan banyaknya misi perburuan planet exoplanet baru yang sedang direncanakan, mungkin masih banyak lagi planet unik yang akan ditemukan di tahun-tahun mendatang.

5 Exoplanet teraneh yang pernah ditemukan

Berikut adalah beberapa exoplanet teraneh yang pernah ditemukan:

1. HD 189773b

Planet HD 189773b hanya berjarak 64 tahun cahaya dari Bumi dan dijuluki sebagai "Jupiter yang panas". Planet ini mungkin terlihat seperti marmer biru tua yang indah, yang mengambang dengan tenang di angkasa.

Namun, HD 189773b adalah planet yang berbahaya. Selain terputar kencang oleh angin yang bertiup dengan kecepatan 8.700 km/jam, kita juga akan tercabik-cabik oleh hujan kaca jika mengunjunginya.

Warna biru yang indah dari planet ini adalah pantulan silikat di atmosfernya, yang ketika dipanaskan oleh suhu planet sebesar 1300°C, akan membentuk butiran kaca.