Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Pertama yang Terima Transplantasi Ginjal Babi Meninggal Dunia

Kompas.com - 14/05/2024, 15:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Orang pertama yang menerima transplantasi ginjal babi meninggal dua bulan setelah ia menjalani prosedur tersebut.

Rick Slayman (62 tahun) dari Weymouth, Massachusetts, memasang ginjal babi hasil rekayasa genetika di tubuhnya sebagai bagian dari operasi perintis selama empat jam di Rumah Sakit Umum Massachusetts pada 16 Maret 2024.

Slayman menderita penyakit ginjal stadium akhir dan sebelumnya menerima transplantasi ginjal manusia, yang menunjukkan tanda-tanda kegagalan setelah beberapa tahun. Dokternya pun mengusulkan transplantasi ginjal babi eksperimental saat Slayman memulai kembali dialisis dan mengalami komplikasi parah.

Para dokter berharap, ginjal babi bisa bertahan bertahun-tahun, namun, karena transplantasi seperti ini belum pernah dilakukan sebelumnya, ada ketidakpastian mengenai seberapa baik transplantasi tersebut.

Slayman kemudian meninggal beberapa minggu setelah operasi, namun tim medisnya mengatakan tidak ada bukti bahwa transplantasi tersebut berhubungan dengan kematian Slayman.

Baca juga: Ahli Bedah Sukses Lagi Transplantasi Ginjal Babi ke Manusia

Xenotransplantasi, harapan baru untuk atasi kekurangan organ

Pada Maret 2024 , lebih dari 100.000 orang Amerika berada dalam daftar tunggu untuk transplantasi organ, 89.000 di antaranya memerlukan ginjal.

Setiap hari, 17 orang dalam daftar ini meninggal dunia. Transplantasi organ hasil rekayasa genetika dari hewan ke manusia, sebuah proses yang dikenal sebagai xenotransplantasi, dipandang sebagai cara baru yang menjanjikan untuk mengatasi kekurangan organ yang tersedia dari donor manusia.

Sebelum prosedur Slayman, para ilmuwan hanya melakukan percobaan transplantasi ginjal babi pada donor organ yang otaknya sudah mati. Setelah Slayman, pasien lain yang masih hidup juga menerima transplantasi ginjal babi, yaitu seorang pasien berusia 54 tahun yang juga menerima pompa jantung.

Sementara itu, orang pertama yang menerima transplantasi organ babi adalah seorang pria asal Maryland, yang menjalani transplantasi jantung babi pertama di dunia pada tahun 2022. Dia meninggal tak lama setelah operasi, kemungkinan besar karena terinfeksi virus babi yang memicu respons peradangan.

Dalam kasus Slayman, para ilmuwan menggunakan teknologi penyuntingan gen CRISPR untuk memodifikasi gen babi donor, menghilangkan gen yang dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh manusia menyerang ginjal dan menambahkan gen yang dapat membantu mencegah penolakan transplantasi.

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Membersihkan Ginjal

Pasien juga secara bersamaan menerima perawatan berbasis antibodi dan obat penekan kekebalan untuk membantu mencegah penolakan organ.

Ginjal itu sendiri berasal dari perusahaan bernama eGenesis yang sebelumnya telah berhasil menguji coba transplantasi pada monyet. Rata-rata, monyet-monyet tersebut hidup sekitar 176 hari atau hampir enam bulan, setelah operasi percobaan ini.

Dalam pernyataan rumah sakit, keluarga Slayman mengatakan bahwa mereka tetap bersyukur bisa menghabiskan beberapa minggu terakhir bersamanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com