Seberapa Jauh Mikroplastik Dapat Menyusup ke Paru-paru?

Kompas.com - 13/05/2024, 20:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Fragmen kecil polusi plastik menyerang tubuh manusia setiap hari tanpa disadari, tidak hanya dari makanan dan minuman, tetapi juga dari pernapasan.

Menurut beberapa perkiraan, rata-rata manusia menghirup plastik "sebesar" kartu kredit setiap minggunya dengan dampak kesehatan yang tidak diketahui. Pada tahun 2022, para ilmuwan untuk pertama kalinya menemukan mikroplastik bersembunyi di bagian terdalam paru-paru manusia.

Penyebaran plastik ke seluruh dunia tidak hanya menjangkiti manusia, namun juga menjalar ke dalam tubuh, dan para ilmuwan kini bergegas untuk mencari tahu kemana perginya polutan-polutan ini ketika kita menghirupnya, berapa lama mereka bertahan, dan apakah mereka mempunyai efek yang beracun.

Seberapa jauh mikroplastik mencapai paru-paru?

Para peneliti di University of Technology Sydney (UTS) kini telah melacak aliran plastik melalui sistem pernapasan. Model yang merekabhuat didasarkan pada upaya perintis pada tahun 2023 untuk mengidentifikasi titik-titik panas tempat mikroplastik dan nanoplastik mungkin berkumpul di saluran udara kita.

Penelitian sebelumnya berfokus pada pemodelan saluran napas bagian atas, namun studi baru ini mempertimbangkan bagaimana udara dan partikel mengalir melalui seluruh saluran, dari rongga hidung hingga ke pohon bronkial generasi ke-13.

Baca juga: Studi Baru Kaitkan Mikroplastik dengan Serangan Jantung dan Stroke

Penelitian ini juga memodelkan tiga tingkat pernapasan yang berbeda – lambat, sedang, dan cepat – serta tiga ukuran pecahan plastik yang berbeda; mikroplastik besar, mikroplastik, dan nanoplastik.

Peneliti mengungkapkan, hasilnya adalah keseimbangan yang rumit, antara cara gravitasi menarik plastik ke permukaan dan cara angin meniupkannya ke sepanjang lorong.

Pada tingkat pernapasan normal, model tersebut menunjukkan bahwa mikroplastik di udara dapat menutupi setengah luas permukaan rongga hidung.

Pada tingkat pernapasan yang lebih lambat, polutan berukuran sedang sebagian besar disimpan di saluran napas bagian atas, termasuk rongga hidung, kotak suara, dan persimpangan yang menghubungkan batang tenggorokan ke tenggorokan.

Sementara itu, partikel yang lebih kecil seperti debu tersebar lebih merata di seluruh saluran pernapasan bagian atas dan bawah.