Ada Mikroplastik di Testis Manusia, Apa Dampaknya?

Kompas.com - 18/05/2024, 17:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Para ilmuwan telah mendeteksi mikroplastik dengan “konsentrasi signifikan” di testis manusia dan anjing. Yang mengkhawatirkan, mereka juga menemukan beberapa bukti bahwa mikroplastik tertentu mungkin berdampak buruk pada jumlah sperma.

Para peneliti di Universitas New Mexico mengidentifikasi mikroplastik pada 47 testis anjing dan 23 testis manusia yang diambil selama otopsi.

Rata-rata, konsentrasi mikroplastik pada jaringan testis anjing adalah 122,63 mikrogram per gram jaringan, sedangkan konsentrasi pada jaringan testis manusia adalah 328,44 mikrogram per gram.

Xiaozhong “John” Yu, peneliti studi tersebut dan profesor di Fakultas Keperawatan, Universitas New Mexico, mengatakan bahwa awalnya ia ragu apakah mikroplastik bisa menembus sistem reproduksi. Ia pun sangat terkejut ketika pertama kali menerima hasil pemeriksaan anjing dan manusia.

Para peneliti tidak dapat menghitung sperma dalam sampel manusia karena cara pengawetan kimianya, namun mereka dapat menghitungnya dengan sampel anjing.