Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah Satu Burung Teraneh di Dunia Punya Jari Kaki yang Sangat Panjang

Kompas.com - 09/06/2024, 17:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

 

KOMPAS.com - Burung memiliki kemampuan yang unik dan beragam untuk membantu mereka bertahan hidup di berbagai lingkungan.

Misalnya, salah satu spesies burung mampu berjalan di atas tumbuhan air tanpa tenggelam. Kemampuan menakjubkan ini ia miliki berkat jari-jari kaki yang sangat panjang.

Berikut adalah fakta-fakta menarik tentang jaçana (Jacana spinosa), burung unik dengan jari kaki yang sangat panjang.

Jacana dan jari-jari kakinya

Jacana, sekelompok burung tropis, dinobatkan sebagai burung dengan jari kaki terpanjang.

Jacana memiliki jari-jari kaki yang sangat panjang dibandingkan dengan ukuran tubuhnya, sehingga membuat bobot tubuh jacana menjadi lebih besar.

Hal ini memungkinkan jacana untuk berjalan dengan mudah di atas tumbuhan terapung, seperti daun teratai, tanpa tenggelam.

Jari-jari yang unik ini juga membantu jacana membuat rumah mereka di lahan basah dan mencari makanan berupa serangga air, ikan, dan biji-bijian.

Meski memiliki banyak kegunaan, jari-jari kaki yang panjang, dan tampak aneh, membuat jacana mendapat tempat dalam daftar burung teraneh di dunia.

Baca juga: Mengapa Beberapa Burung Tidak Bisa Terbang?

Di mana habitat jacana?

Jacana dapat ditemukan di wilayah tropis hangat di berbagai negara, termasuk Afrika, Asia Selatan, Australia, Meksiko, Amerika Tengah, serta Amerika Selatan.

Terkadang, jacana juga mengembara ke utara hingga Amerika Serikat. Mereka secara khusus beradaptasi dengan kehidupan di rawa, laguna, dan danau dangkal.

Penampilan jacana

Jacana adalah burung berukuran sedang, dengan tinggi antara 12 hingga 30 cm. Ciri fisik jacana yang paling menonjol adalah kakinya yang panjang dan kurus, serta cakar terlihat seperti ranting dan dahan.

Burung-burung ini memiliki bulu dengan berbagai warna berbeda, termasuk coklat, putih, hitam, kuning, dan hijau.

Betina dapat berukuran hingga dua kali ukuran jantan, namun warna bulu mereka hampir sama, sehingga membuat sulit untuk diidentifikasi. Beberapa spesies juga memiliki pial atau mahkota kecil berwarna merah di dekat paruhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com