Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Kadang Ada Kilatan Cahaya Hijau Sebelum Matahari Terbenam?

Kompas.com - 27/05/2024, 12:33 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat matahari terbenam atau sebelum terbit, beberapa dari Anda mungkin akan mengamati kilatan cahaya berwarna hijau.

Kira-kira apa penyebab munculnya kilatan cahaya warna hijau itu ya?

Baca juga: Kenapa Waktu Matahari Terbenam dan Terbit Bisa Berbeda di Belahan Bumi Lain?

Mengutip Live Science, Senin (20/5/2024) seperti pelangi, kilatan cahaya hijau adalah hasil pemisahan sinar matahari yang menjadi warna-warna berbeda.

Menurut Johannes Courtial, peneliti optik di Universitas Glasgow, biasanya sinar matahari berwarna putih karena terdiri dari semua panjang gelombang dari cahaya yang tampak.

Namun ketika cahaya putih melewati media dengan kepadatan lebih tinggi, seperti kaca atau air, pada sudut tertentu, panjang gelombang warna berbeda mulai membengkok dan terpisah. Pemisahan ini disebut pembiasan.

Atmosfer bumi dengan kepadatan gas yang bervariasi juga dapat membiaskan cahaya.

"Itu sebabnya kita terkadang melihat halo atau lingkaran cahaya di sekitar matahari," kata Jan Null, ahli meteorologi yang berbasis di California.

Pembiasan ini terutama terlihat ketika matahari semakin dekat ke cakrawala, karena sinar matahari memasuki bagian atmosfer yang paling tebal dengan sudut yang sangat tajam. Ini adalah momen saat kilatan cahaya hijau terlihat.

Kebanyakan kilatan cahaya hijau terbagi dalam dua kategori. Namun tipe yang lebih sering dilihat adalah sebelum matahari tenggelam.

Baca juga: Kapan Matahari Terbenam dan Proses Terjadinya?

Melihat kilatan cahaya hijau

Untuk mendapatkan kesempatan terbaik melihat kilatan cahaya hijau ini, ada kondisi tertentu yang perlu diperhatikan.

Salah satunya adalah Anda harus bisa melihat mahatari saat berada dekat dengan cakrawala, seperti di pantai atau pegunungan.

Selain itu kilatan cahaya hijau ini baru bisa terlihat pada hari yang cerah.

Kilatan cahaya hijau biasanya terjadi dalam waktu kurang dari satu detik. Namun kalau beruntung, kilatan cahaya hijau bisa terlihat selama satu atau dua menit, meski hal tersebut jarang terjadi. Biasanya baru bisa terjadi dalam waktu yang cukup lama jika kondisi atmosfer cukup stabil.

"Sungguh aneh ketika melihat warna hijau di langit. Itu mungkin yang jadi alasan mengapa kilatan hijau sangat menarik," tambah Courtial.

Nah, sekarang Anda tahu lebih banyak tentang bagaimana fenomena itu bisa terjadi kan?

Baca juga: Bagaimana Matahari Terbenam di Sisi Barat? Ini Penjelasannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com