Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Matahari Terbenam di Sisi Barat? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 02/07/2022, 17:31 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seperti yang diketahui, Matahari terbit dari sisi timur dan tenggelam di sisi barat. Lantas, bagaimana sains menjelaskan proses Matahari terbenam di sisi barat?

Dilansir dari World Atlas, Jumat (1/7/2022) wilayah di sisi timur Bumi terkena sinar Matahari terlebih dahulu sebelum wilayah barat. Sehingga menyebabkan perbedaan zona waktu di berbagai wilayah di dunia. 

Terlepas dari apakah Anda sedang berada di belahan bumi utara atau selatan, Matahari akan selalu terbit di timur dan terbenam di barat. Lantas, bagaimana Matahari terbenam di sisi barat?

Matahari, bintang, dan Bulan terbit di sisi timur dan selalu terbenam di sisi barat karena Bumi berputar ke arah timur. Fenomena tersebut merupakan rahasia alam semesta yang selalu menarik untuk dibahas.

Bumi, seperti dilansir dari Universe Today, Selasa (5/7/2016) berputar pada porosnya ketika mengelilingi Matahari.

Apabila dilihat dari atas langit bagian utara, Bumi akan tampak berputar berlawanan arah jarum jam. Oleh sebab itu, Matahari bergerak mengelilingi kita ke arah barat dengan kecepatan 15 derajat per jam.

Baca juga: Matahari Terbenam Lebih Lambat, Ini Daftar Wilayah yang Akan Mengalaminya

Hal tersebut juga berlaku untuk sebagian besar planet di Tata Surya. Venus adalah satu pengecualian, karena planet ini berputar mundur di orbitnya mengelilingi Matahari, fenomena yang dikenal sebagai gerakan mundur.

Pluto pun memiliki gerak mundur, yang bila diamati dari permukaannya Matahari akan terbit di barat dan terbenam di timur.

Dengan kecepatan rotasi 1.674,4 km per jam m, Bumi membutuhkan waktu 23 jam 56 menit dan 4,1 detik untuk berputar satu kali pada porosnya.

Meskipun pengamatan menujukkan bahwa Matahari terbit di timur dan terbenam di barat, sebenarnya ia tetap pada satu posisi.

Matahari berpusat di Tata Surya, sehingga bintang besar ini tidak terbit atau terbenam.

Kenapa manusia bisa melihat Matahari terbit dari sisi timur dan Matahari tenggelam di sisi barat disebabkan karena adanya rotasi Bumi tersebut.

Baca juga: Lembayung Saat Matahari Terbenam Tak Cuma Kata Sastra, Ini Penjelasan Astronominya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com