Kompas.com - 01/07/2022, 19:02 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Terlalu banyak terpapar sinar Matahari dapat menyebabkan sejumlah kesehatan, terutama masalah yang mengganggu kondisi kulit.

Namun, dalam jumlah yang cukup, terutama di pagi hari, sinar Matahari memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan.

Salah satu manfaat sinar Matahari pagi yang terkenal adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memberikan asupan vitamin D.

Manfaat sinar Matahari pagi

Dilansir dari WebMD, berikut adalah 5 manfaat sinar Matahari pagi untuk kesehatan yang penting untuk diketahui:

1. Sinar Matahari pagi membantu tubuh membuat vitamin D

Sinar UV Matahari membantu tubuh membuat vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang, sel darah, dan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: 13 Manfaat Petai untuk Kesehatan, Apa Saja?

Ini juga membantu tubuh menyerap dan menggunakan mineral tertentu, seperti kalsium dan fosfor. Dengan demikian, berjemur di pagi hari dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan vitamin D.

2. Sinar Matahari pagi membantu tidur lebih baik

Mata membutuhkan cahaya untuk membantu mengatur jam internal tubuh. Sinar Matahari pagi tampaknya dapat membantu tidur lebih baik di malam hari.

Bagi orang lanjut usia (lansia), kebutuhan cahaya ini menjadi penting karena seiring usia, mata kurang mampu menerima cahaya.

3. Sinar Matahari pagi membantu menurunkan berat badan

Sinar Matahari pagi juga tampaknya dapat membantu menurunkan berat badan dengan menghilangkan lemak. Butuh 20 hingga 30 menit antar jam 8 pagi hingga siang hari untuk mendapatkan manfaatnya.

Para ilmuwan berpikir, sinar Matahari dapat mengecilkan sel-sel lemak di bawah permukaan kulit. Namun, tentunya, penurunan berat badan harus didukung oleh olahraga yang rutin dan pola makan yang bergizi seimbang.

Baca juga: 5 Manfaat Terong, Salah Satunya Bisa Bantu Diet

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.