Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Manfaat Labu Siam, Sayur Dingin yang Rasanya Mirip Mentimun

Kompas.com - 06/06/2022, 16:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comLabu siam adalah buah yang satu keluarga dengan labu, namun biasa dimakan sebagai sayur. Labu siam nikmat dikonsumsi hanya dengan direbus atau ditumis. Buah ini memiliki rasa seperti mentimun. Rasanya ringan, dingin, dengan rasa yang sedikit manis.

Tidak banyak yang tahu ternyata labu siam memiliki banyak manfaat. Manfaat labu siam adalah sebagai berikut:

1. Bagus untuk ibu hamil

Labu siam kaya akan folat. Folat adalah mineral penting untuk wanita yang sedang merencanakan hamil atau sedang hamil. Folat sangat penting untuk pembentukan sistem saraf pusat pada janin.

2. Menjaga fungsi hati

Fungsi hati bisa terganggu jika menyimpan terlalu banyak lemak. Labu siam mampu menurunkan asam lemak dan kolesterol untuk mencegah menumpuknya lemak pada hati.

3. Menjaga kesehatan jantung

Labu siam mengandung antioksidan, salah satunya myrecetin, yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan menangkal radikal bebas. Dengan begitu, peredaran darah lebih lancar dan tekanan darah akan menurun. Ini akan membantu jantung tetap sehat.

4. Menjaga gula darah tetap stabil

Labu siam merupakan makanan yang rendah karbohidrat dan tinggi serat. Serat dalam buah hijau ini bisa memperlambat penyerapan karbohidrat sehingga bisa menjaga gula darah tetap stabil.

5. Melawan tanda-tanda penuaan

Dalam labu siam terkandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Keduanya mampu memperlambat tanda-tanda penuaan dan melindungi sel lainnya dari radikal bebas. Selain itu, vitamin C sangat penting untuk memproduksi kolagen. Kolagen adalah protein yang menjaga kekencangan kulit agar tetap terlihat awet muda.

Baca juga: 6 Manfaat Labu Kuning, Mencegah Kanker hingga Cocok untuk Diet

6. Menurunkan berat badan

Seperti yang telah disebutkan bahwa labu siam mengandung serat tinggi serat penting bagi orang yang sedang melakukan diet karena bisa membuat rasa kenyang yang lebih lama. Dengan begitu, ini akan mencegah seseorang makan terlalu banyak. Hasilnya adalah penurunan berat badan.

7. Baik untuk saluran pencernaan

Selain serat, labu siap juga kaya akan flavonoid. Penelitian membuktikan bahwa flavonoid bersama enzim pencernaan bisa membantu melancarkan saluran pencernaan. Saluran pencernaan yang sehat memiliki peran penting untuk mencegah berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker usus.

Sayur dan buah adalah asupan penting yang harus Anda konsumsi setiap hari untuk memenuhi kebutuhan harian Anda. Salah satu sayur yang harus masuk dalam daftar makanan sehat Anda adalah labu siam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com