Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Membersihkan Ginjal

Kompas.com - 30/03/2024, 16:25 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Ginjal merupakan organ yang memiliki peran sangat penting bagi tubuh kita, yang berfungsi untuk membuang limbah berlebih, menyeimbangkan elektrolit, dan memproduksi hormon.

Dengan tidak adanya penyakit, pola makan yang bergizi seimbang dan asupan air yang cukup dapat menjaga fungsi dan kesehatan ginjal.

Namun, ada juga beberapa makanan dan jenis herbal tertentu yang bermanfaat untuk membersihkan ginjal.

Cara membersihkan ginjal secara alami

Berikut adalah 3 cara membersihkan ginjal secara alami agar ginjal tetap sehat dan berfungsi optimal.

1. Minum cukup air

Tubuh manusia dewasa terdiri dari hampir 60 persen air. Setiap organ, mulai dari otak hingga hati, membutuhkan air untuk berfungsi dengan baik.

Sebagai sistem penyaringan tubuh, ginjal membutuhkan air untuk mengeluarkan urine. Urine adalah produk limbah utama yang memungkinkan tubuh membuang zat yang tidak diperlukan.

Baca juga: Hati-hati, Meluruskan Rambut Bisa Berdampak pada Kerusakan Ginjal

Ketika asupan air rendah, volume urine juga rendah. Keluaran urine yang rendah dapat menyebabkan disfungsi ginjal, seperti pembentukan batu ginjal.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk minum air yang cukup agar ginjal dapat membuang kelebihan bahan limbah dengan benar. Ini sangat penting dilakukan untuk pembersihan ginjal.

2. Konsumsi makanan yang mendukung kesehatan ginjal

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat meningkatkan kesehatan ginjal:

  • Anggur

Anggur mengandung senyawa tumbuhan bermanfaat yang disebut resveratrol. Dalam satu penelitian, peneliti menemukan bahwa pengobatan dengan resveratrol mampu menurunkan peradangan ginjal pada tikus yang memiliki penyakit ginjal polikistik.

  • Cranberry

Cranberry sering dikonsumsi karena manfaatnya untuk kesehatan kandung kemihnya. Uji klinis yang diterbitkan dalam Jurnal Nutrisi menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi manisan cranberry kering setiap hari selama 2 minggu mengalami penurunan infeksi saluran kemih.

Baca juga: Apakah Jus Cranberry Bermanfaat untuk Mengatasi Batu Ginjal?

  • Jus buah

Jus lemon, jeruk, dan melon mengandung asam sitrat. Sitrat membantu mencegah pembentukan batu ginjal dengan mengikat kalsium dalam urine. Ini menghambat pertumbuhan kristal kalsium, yang dapat menyebabkan batu ginjal.

Selain itu, minum secangkir jus buah segar setiap hari dapat berkontribusi pada asupan cairan harian yang direkomendasikan.

  • Rumput laut

Rumput laut coklat telah dipelajari untuk efek menguntungkannya pada pankreas, ginjal, dan hati. 

Penelitian tahun 2014 menunjukkan, tikus yang diberi rumput laut selama 22 hari menunjukkan pengurangan kerusakan ginjal dan hati akibat diabetes.

Halaman:
Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com