Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Gagal Ginjal Membuat Penderitanya Berisiko Cuci Darah

Kompas.com - 25/09/2023, 17:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Gagal ginjal memang bukan termasuk penyakit menular. Namun, penyakit ini dapat menyebabkan gangguan pada organ yang sangat penting bagi tubuh.

Orang dengan penyakit gagal ginjal, seringkali harus menjalani perawatan cuci darah. Bahkan, tak sedikit yang harus melakukan prosedur transplantasi ginjal.

Jadi, apa itu penyakit gagal ginjal?

Manusia, umumnya memiliki dua ginjal dan berperan penting dalam tubuh. Ginjal adalah dua organ bentuk kacang yang ada dalam sistem saluran kemih.

Fungsi ginjal adalah membantu tubuh untuk mengeluarkan limbah sebagai urin, dikutip dari Healthline, Senin (25/9/2023). Selain itu, organ ini membantu menyaring darah sebelum mengirimnya kembali ke jantung.

Ginjal merupakan organ yang sangat penting. Jika salah satu ginjal tak berfungsi, satu organ lainnya masih dapat berfungsi bagi tubuh. Namun, apabila keduanya tak lagi dapat berfungsi dengan baik, maka dapat memengaruhi seluruh sistem tubuh.

Baca juga: Mengenal Cerebral Palsy, Gangguan Motorik yang Banyak Dialami Anak

 

Salah satunya adalah penyakit ginjal kronik yang dapat menyebabkan gagal ginjal atau renal failure atau kidney failure.

Gagal ginjal merupakan kondisi yang mana salah satu atau kedua ginjal tidak berfungsi dengan baik.

Gagal ginjal tahap penyakit paling parah

Dikutip dari Cleveland Clinic, terkadang gagal ginjal dapat bersifat sementara, namun dapat juga berkembang dengan cepat atau akut.

Adakalanya, penyakit ginjal ini bisa menyebabkan kondisi kronis (jangka panjang) yang perlahan dapat memburuk.

Kondisi ini dapat berakibat fatal, apabila tidak diobati. Saat seseorang mengalami gagal ginjal, kemungkinan ia dapat bertahan hidup beberapa hari atau minggu tanpa pengobatan.

Baca juga: Mengenal Obesitas yang Bisa Sebabkan Banyak Penyakit

 

 

Apa yang terjadi saat ginjal tidak bisa bekerja dengan benar?

Ginjal kita memiliki beberapa tugas atau fungsi penting bagi tubuh. Salah satu fungsi ginjal yang paling penting adalah membantu tubuh mengeluarkan racun, yakni melalui urine.

Saat organ ginjal tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka produk limbah dalam tubuh akan menumpuk. Jika ini terjadi, maka orang akan merasa sakit dan akhirnya meninggal tanpa pengobatan.

Gagal ginjal dapat diatasi dengan pengobatan yang tepat.

Oleh karenanya, sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal, dan mengenali tanda atau ciri-ciri gangguan ginjal agar dapat diobati dengan benar.

Baca juga: Mengenal Penyakit Kelainan Genetik yang Menginspirasi Tokoh Drakula

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com