Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/09/2023, 12:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Memilih sayur dan buah dengan warna yang beragam tidak hanya mempercantik menu makanan. Lebih dari itu, makanan yang berwarna-warni berarti nutrisi yang lebih bervariasi.

Misalnya, sayuran berwarna kuning kaya akan antioksidan, vitamin, dan komponen peningkat kesehatan lainnya.

Beberapa sayuran berwarna kuning yang mudah ditemui dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan adalah jagung, paprika kuning, dan golden beet.

Sayuran berwarna kuning yang menyehatkan

1. Jagung

Jagung kaya akan vitamin A, B dan E, serta banyak mineral. Biji jagung yang berwarna kuning juga kaya akan serat, yang membantu mencegah masalah pencernaan, termasuk sembelit, wasir, dan kanker kolorektal.

Baca juga: 6 Sayuran Berdaun Hijau yang Paling Sehat

Selain itu, jagung mengandung fitokimia, yang dapat menghentikan karsinogen agar tidak menginfeksi sel. Fitokimia juga dapat membantu sel menghentikan dan menghilangkan perubahan seperti kanker.

2. Labu madu

Labu madu adalah varietas labu kuning yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Sayuran ini kaya akan vitamin A, B6, dan C, folat, magnesium, serat, riboflavin, fosfor, serta kalium.

Labu madu juga kaya akan mangan. Mineral ini membantu meningkatkan kekuatan tulang dan mendorong kemampuan tubuh dalam memproses lemak sera karbohidrat.

3. Paprika kuning

Secara teknis, paprika kuning bukan sayuran. Paprika kuning adalah buah. Tetapi, banyak orang yang mengonsumsinya seperti sayuran.

Paprika adalah sumber nutrisi, serat, dan antioksidan. Paprika juga menyediakan folat. Ini adalah zat yang mendukung fungsi sel darah merah.

Baca juga: Mengapa Buah dan Sayur Berwarna Ungu Sangat Sehat?

Vitamin K juga ditemukan dalam paprika kuning, yang penting untuk kemampuan tubuh membekukan darah.

Paprika kaya akan vitamin C yang berperan dalam fungsi kekebalan tubuh, energi, kesehatan kulit, perlindungan penyakit, dan penyembuhan luka.

4. Labu kuning

Sebanyak satu cangkir labu kuning matang mengandung lebih dari 200% jumlah vitamin A harian yang direkomendasikan. Vitamin A baik untuk tubuh karena membantu menjaga penglihatan tetap tajam.

Secangkir labu kuning juga mengandung banyak vitamin C, sekitar 11 mg, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit, dan banyak manfaat kesehatan lainnya.

5. Bit emas

Sayuran akar berwarna kuning ini lebih manis dibandingkan bit merah dan sangat bergizi. Bit emas dapat menyehatkan jantung, dan membantu ginjal membersihkan racun, menurunkan kolesterol dan tekanan darah, serta mengobati kelelahan.

Baca juga: Apakah Manfaat Makan Buah dan Sayur untuk Kesehatan?

Seperti banyak buah dan sayuran berwarna kuning, bit emas kaya akan beta-karoten. Begitu masuk ke dalam tubuh, beta-karoten diubah menjadi vitamin A. Vitamin A merupakan nutrisi penting yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com