Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/03/2023, 19:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Sudah banyak penelitian yang mendokumentasikan manfaat makan buah dan sayur untuk kesehatan. Bahkan, tak sedikit yang dikaitkan dengan penurunan risiko beragam penyakit.

Buah dan sayuran merupakan sumber nutrisi yang sangat tinggi yang diperlukan oleh tubuh. Makanan sehat yang mudah ditemukan dan dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi setiap harinya.

Beragam studi menunjukkan manfaat sehat makan buah dan sayur yang dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, salah satunya dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Metabolism yang dikutip dari National Library of Medicine (PubMed).

Dilansir dari Healthline, Kamis (9/3/2023), salah satu studi menunjukkan bahwa manfaat makan buah dan sayur lebih dari tiga porsi setiap harinya, dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung hingga 70 persen.

Baca juga: Lebih Sehat Mana Buah atau Sayur?

Dalam studi yang telah dipublikasikan di Central European Journal of Public Health, menunjukkan bahwa manfaat buah dan sayuran mengandung serat tinggi dan rendah kalori.

Manfaat lain dari makanan sehat ini adalah, keduanya juga dapat menjaga berat badan tetap stabil. Seperti dalam studi yang dilakukan terhadap 133.000 orang selama rentang waktu 24 tahun.

Penelitian ini menunjukkan, saat orang meningkatkan asupan buah dan sayuran non tepung, maka berat badan mereka cenderung menurun.

Selain itu, dengan meningkatkan konsumsi serat dengan memakan buah dan sayuran yang cukup, manfaat lain yang bisa diambil adalah mengurangi risiko terkena penyakit kanker.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan?

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com