Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/03/2023, 17:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Buah dan sayur adalah dua makanan sehat yang sangat baik dalam mencukupi nutrisi yang diperlukan tubuh.

Kedua jenis makanan ini memang telah dikenal menjadi sumber nutrisi penting. Manfaat kesehatan dari buah dan sayur telah banyak dibuktikan secara ilmiah.

Dilansir dari Healthline, Kamis (9/3/2023), buah dan sayuran adalah produk pertanian yang sama-sama kaya akan nutrisi.

Kendati memiliki banyak nutrisi, namun sering kali buah disalahartikan sebagai sayuran, padahal keduanya memiliki berbagai perbedaan.

Secara botani, buah mengandung biji yang berasal dari bunga tanaman, sedangkan bagian tanaman lainnya dianggap sebagai sayuran. Dari rasa untuk masakan, buah cenderung dianggap lebih manis, sedangkan sayuran lebih gurih.

Lantas, mana yang lebih sehat antara buah atau sayur?

Nutrisi sehat buah dan sayur

Kita tahu bahwa buah-buahan dan sayuran memiliki banyak kesamaan dalam hal nutrisi.

Baca juga: Lebih Sehat Mana Minum Air Mineral atau Rebusan?

Bahkan, keduanya sama-sama mengandung serat sehat yang tinggi, serta dilengkapi vitamin, mineral, hingga senyawa antioksidan. Buah dan sayur juga diketahui rendah natrium dan lemak secara alami.

Selain itu, buah dianggap memiliki rasa yang manis, sehingga cenderung mengandung jumlah gula dan kalori alami yang lebih tinggi. Misalnya, dalam secangkir potongan apel, sedikitnya mengandung 65 kalori dan 13 gram gula. Sedangkan dalam secangkir brokoli, hanya memiliki 31 kalori dan 2 gram gula.

Kendati demikian, beberapa jenis buah mungkin akan lebih banyak mengandung serat, dibandingkan pada sayur.

Dalam sebuah studi menunjukkan buah dengan berat 2-15 gram memiliki kandungan serat sekitar 100 gram, sementara pada sayur, berbentuk daun, dengan takaran berat yang sama, hanya mengandung 1,2-4 gram serat.

Intinya, kadar gula alami dan kalori pada buah jauh lebih tinggi daripada sayur. Akan tetapi, baik buah atau sayuran, sama-sama kaya nutrisi sehat seperti serat, vitamin dan mineral dan antioksidan.

Kendati jenis buah dan sayur tertentu dapat memberi nutrisi yang berbeda, namun kesimpulannya, keduanya sama sehat dan memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh.

Baca juga: Lebih Sehat Mana Ayam Goreng atau Bakar?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com